Jasa Konsultan Bisnis : Konsultan HRD - Konsultan SOP - ISO dan Training Manajemen SDM

Apabila Anda membutuhkan Jasa Konsultan Manajemen Bisnis, Penyusunan SOP, Sistem HR Manajemen, ISO dan Training ISO, Silahkan menghubungi kami di nomor telpon 0811.8403.909 atau mengirimkan email ke venty@sienconsultant.com.Company profile kami dapat Anda lihat di www.konsultan-bisnis.com.

Jasa Konsultan HRD - Human Resources Management

Jasa Konsultan Manajemen SDM - HR Management yang kami tawarkan : Penyusunan Prosedur HR, Performance Appraisal/Management, Sistem Penggajian, HR Dashboard, Analisis Jabatan (Job Analysis), Penyusunan KPI, Sistem Remunerasi, Job Grading, Pengembangan Organisasi, Penyusunan Peraturan Perusahaan, dll. Untuk info lebih lanjut silahkan menghubungi kami di 0811.8403.909, kami akan dengan senang hati membantu Anda

Training ISO – Pelatihan SDM / HR Development

Salah satu jasa yang kami tawarkan yakni memberikan training pengembangan SDM baik training Manajemen maupun training ISO. Kelas training yang kami sediakan adalah private training, public training dan inhouse training. Untuk informasi lebih lanjut silahkan menghubungi kami di nomor telp : 0811.8403.909, kami akan dengan senang hati membantu Anda...

Jasa Konsultan Management System - ISO

Konsultasi dalam management system - ISO yang kami tawarkan melingkupi : ISO 9001 - ISO 14001 - OHSAS 18001 - ISO 22000 - ISO 31000 - ISO 13485 - ISO/TS 16949 - ISO 50001 - ISO 27001 - ISO 26000 - ISO 17025 - SA 8000 - GMP - HACCP - 5S. Untuk informasi lebih lanjut silahkan menghubungi kami : 0811.8403.909, kami akan dengan senang hati membantu Anda...

Jasa Konsultan SOP - Penyusunan Prosedur Kerja Perusahaan

Kami memiliki pengalaman membantu klien dalam penyusunan SOP dan Instruksi Kerja (IK) di berbagai jenis bisnis usaha seperti perusahaan jasa, SOP manufaktur, SOP pertambangan, SOP kontraktor, SOP perkebunan, SOP Perbankan, SOP investasi, SOP industri makanan. Kami yakin mampu mendesain SOP yang tepat guna bagi perusahaan Anda. SOP yang kami kembangkan mulai dari SOP Operasional, SOP HRD, SOP GA, SOP Finance dan Accounting, SOP Marketing, SOP Purchasing, SOP Administrasi, dll.

Recent Posts

Tahapan dalam menyusun HR Scorecard – KPI – HR Dashboard dari Konsultan HR


SDM memiliki peran yang sangat penting karena SDM merupakan unsur dominan penentu daya saing (competitive advantage) suatu perusahaan. Oleh karenanya penting bagi perusahaan untuk melakukan pengukuran terhadap kinerja SDM-nya dalam mendukung pencapaian strategi perusahaan.

Salah satu konsep yang mengatur langkah – langkah penting dalam mengelola strategi SDM yakni dengan Human Resources Scorecard (HRSc).

Apakah Human Resources Scorecard (HRSc) itu?

Human Resources Scorecard (HRSc) adalah suatu mekanisme yang secara komprehensif mampu menggambarkan dan mengukur bagaimana sistem pengelolaan SDM dapat menciptakan nilai atau memberikan kontribusi bagi perusahaan (Becker, Huselid dan Ulrich, 2001).

Dapat dikatakan, HR scorecard merupakan suatu alat yang digunakan untuk mengukur kontribusi karyawan / SDM pada implementasi strategi perusahaan dan untuk meningkatkan fungsi dan pengelolaan SDM (HR – Management) sebagai aset strategic.

Adapun tahapan pengukuran kinerja pegawai dengan HRSc adalah sebagai berikut :
  • Mengidentifikasi kompetensi SDM (Human Resources Competency)
Model kompetensi SDM diperlukan untuk memperjelas ekspektasi suatu jabatan, mengoptimalkan produktivitas, serta mendukung penyesuaian terhadap perubahan
  •  Melakukan pengukuran High Performance Work System (HPWS)
Sistem pengukuran kinerja dalam perusahaan meliputi indikator-indikator yang mencerminkan fokus pada kinerja yang ada di setiap elemen dalam sistem SDM dan yang menekankan pada orientasi kinerja pada setiap kegiatan
  • Mengukur keselarasan SDM (HR Alignment)
Human Resources Alignment mencakup keselarasan terhadap  eksternal (external aligment) dan internal (internal aligment). Keselarasan secara eksternal dimaksud untuk menilai sejauh mana sistem SDM memenuhi kebutuhan penerapan terhadap strategi perusahaan. Sedangkan keselarasan secara internal (internal aligment) adalah bagaimana setiap elemen dapat bekerja bersama dan tidak mengalami konflik.
  •  Mengukur Efisiensi SDM (HR Efficiency)
Untuk mengetahui efisiensi kegiatan dan program pengembangan SDM yang dapat memberikan kontribusi langsung terhadap implementasi stategi perusahaan.
  •  Menganalisis Human Resource Deliverable
Human Resource Deliverable, merupakan faktor utama dari kontribusi SDM dalam mengimplementasikan strategi perusahaan.

Ketika perusahaan sudah mengelola SDM-nya dengan HR Scorecard, maka perusahaan akan memiliki nilai tambah atau kapabilitas unggulan dalam berdaya saing di lingkungan bisnis yang kompetitif. Selain itu perusahaan akan mampu menilai kontribusi dari SDM terhadap pencapaian strateginya serta mendukung adanya perubahan (change) dan fleksibilitas perusahaan.

Apabila Anda membutuhkan jasa konsultan HR Scorecard – HRSc Consultant ataupun training pemahaman HR Scorecard, jangan ragu lagi untuk menghubungi kami karena kami didukung oleh jasa konsultan HRD / SDM yang handal & praktisi dalam bidang HR Management


Salam sukses dari Jasa Konsultan HRD
PT. SIEN Corpora (SIEN Consultants)
Telp : 0822 1340 0505
Fax : (021) 6306560
Email :sienventy@gmail.com

Konsultan Performance Management / Performance Appraisal - Sistem Manajemen Kinerja


Banyak perusahaan yang tidak menyadari pentingnya suatu manajemen kinerja dalam pengelolaan SDM (karyawan) yang dimiliki, maka tak jarang karyawan memposisikan diri hanya sebagai pekerja pasif hanya bekerja sesuai dengan job description yang ada dan sebatas penghasilan yang diterima setiap bulannya, tingkat turn over tinggi,  rasa ketidakpuasan dalam bekerja, tidak adanya rasa memiliki terhadap perusahaan, dan masih banyak hal lainnya.

Performance management (manajemen kinerja) merupakan bagian dari fungsi HR dalam pengelolaan karyawan dan pengembangan karyawan. Performance management menjadi komponen kunci untuk meningkatkan motivasi karyawan dan mendorong karyawan untuk memberikan kinerja yang prima pada perusahaan.

Manajemen kinerja merupakan proses yang digunakan untuk mengidentifikasi, mendorong, mengukur, mengevaluasi, memperbaiki, dan memberikan imbalan terhadap prestasi karyawan.
Mengapa performance management (manajemen kinerja) itu penting?

Performance management sebagai dasar untuk :
·        Mengidentifikasi tingkat prestasi terakhir yang telah dicapai oleh karyawan
·        Mengidentifikasi kekurangan maupun kelebihan yang dimiliki karyawan
·    Memberikan penghargaan kepada karyawan dalam kaitannya dengan kontribusi terhadap pencapaian tujuan organisasi
·        Memotivasi karyawan agar berprestasi dengan lebih baik lagi
·        Mengidentifikasi kebutuhan pelatihan dan pengembangan bagi karyawan
·      Mengidentifikasi potensi yang dimiliki oleh karyawan yang belum dikembangkan atau dioptimalkan
·        Sebagai bahan informasi bagi perencanaan karir karyawan

Dapat disimpulkan bahwa perusahaan yang memiliki sistem manajemen kinerja (performance management) yang baik cenderung memiliki karyawan dengan performance kerja yang baik, tingkat produktivitas tinggi, motivasi kerja yang tinggi, kepuasan kerja, lingkungan kerja yang kondusif yang pada akhirnya berdampak pada peningkatan produktivitas  perusahaan.

Diperlukan keahlian dalam mendesain sistem manajemen kinerja / performance management / performanceappraisal yang baik di suatu perusahaan. Yang dapat melakukan penyusunan sistemperformance management adalah para ahli dibidang sistem HR dan para praktisi jasa konsultan HR yang memiki keterampilan dalam bidang performance management.

Apabila Bapak dan Ibu membutuhkan jasa konsultan HR dalam mendesain manajemen kinerja / performance management / performance appraisal / penilaian kinerja, silahkan menghubungi kami sebagai jasa konsultan HRD yang sudah berdiri sejak tahun 2001, yang sudah memiliki banyak pengalaman dalam mendesain sistem HR di berbagai bidang usaha. Selain itu juga kami dapat membantu dalam pendampingan dalam menerapkan sistemmanajemen atau melakukan penilaian kinerja tersebut.


Semoga bermanfaat,
Salam sukses dari Jasa Konsultan HRD
Telp : 0822 1340 0505
Fax : 021 – 6306560
Email : sienventy@gmail.com

Jasa Konsultan Menyusun Uraian Jabatan / Review Job Description


Uraian jabatan memiliki peranan penting dalam proses bisnis perusahaan dan dapat dipastikan bahwa tanpa uraian jabatan yang jelas maka akan banyak tumpang tindih pekerjaan atau tanggung jawab. Hal ini dapat mengakibatkan beban bagi perusahaan dan berdampak pada kemajuan perusahaan dalam mencapai Visi dan Misi nya.

Uraian jabatan mencakup uraian pekerjaan, tugas, wewenang dan tanggungjawab yang melekat pada suatu jabatan untuk dilaksanakan oleh pejabat yang melakukan tugas tersebut harus jelas dan mudah dipahami agar pejabat yang bersangkutan mengetahui tugas, tanggungjawab, wewenang dan standar prestasi yang harus dicapainya. Uraian jabatan juga memuat dan menggambarkan spesifikasi pekerjaan yang menjadi dasar penentuan syarat jabatan atau standar kualifikasi orang yang menduduki jabatan tersebut.

Menyusun uraian jabatan (job description) harus memenuhi syarat berikut ini:
1.       Adanya pemisahan antara tugas dan tanggung jawab
        Tugas, tanggung jawab dan wewenang harus dipisahkan secara jelas. Perbedaan
  tugas, tanggung jawab dan wewenang dapat diuraikan sebagai berikut:
  • Tugas (tasks) merupakan kewajiban untuk menjalankan pekerjaan yang dibebankan sehubungan dengan jabatan yang dipangkunya.
  • Tanggung jawab (responsibility) merupakan kewajiban untuk memastikan bahwa tugas yang dikerjakannya telah dijalankan dengan baik sesuai dengan tujuan/sasaran yang ditetapkan.
  • Wewenang (authority) merupakan hak dan kewenangan yang melekat pada seseorang karena jabatan yang dipangkunya, baik untuk menerbitkan keputusan dan kebijakan maupun untuk penugasan staf dan penggunaan anggaran dalam organisasi.
2.   Syarat kerja harus diuraikan dengan jelas, seperti alat-alat, mesin dan bahan yang akan dipergunakan untuk melakukan pekerjaan tersebut.
3.   Ringkasan jabatan menguraikan bentuk umum pekerjaan dengan mencantumkan fungsi atau aktivitas utamanya.
4.  Tanggung jawab dan wewenang disusun seimbang untuk menjamin tidak terjadinya penyalahgunaan wewenang dan menjamin tugas dikerjakan dengan baik serta sasaran tercapai.
5.  Penjelasan hubungan jabatan secara vertikal dan horizontal, sehingga mewujudkan perencanaan karir pegawai atau mutasi untuk memperkaya pengalaman.
6.   Menjadi tolok ukur keberhasilan seseorang dalam jabatan dan untuk mengevaluasi atau mengukur kinerja pegawai.


Sudahkah uraian jabatan / job description di Perusahaan Bapak / Ibu sudah memenuhi syarat diatas?

Apabila perusahaan Bapak / Ibu membutuhan jasa konsultan menyusun Uraian Jabatan (Job Description), silahkan menghubungi kami, dengan senang hati akan membantu Anda…
SIEN Consultants
Cideng – Jakarta Pusat
Telp : 0822 1340 0505
Email : sienventy@gmail.com


Tahapan Penyusunan SOP Perusahaan dari Jasa Konsultan SOP terbaik


Tidak ada suatu standar baku atau khusus dalam penyusunan suatu prosedur kerja atau SOP –Standard Operating Procedure. Hanya saja dalam penyusunan SOP harus dilakukan sesuai dengan urutan yang benar agar hasil dari penyusunan SOP tersebut sesuai dengan kondisi dan kebijakan yang berlaku di perusahaan dan juga tentunya supaya tepat guna.

Langkah – langkah atau Cara Menyusun SOP dari SIEN Consultants adalah sebagai berikut:

  • Melakukan pemetaan proses bisnis perusahaan
Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat peta proses bisnis perusahaan. Peta proses ini dibuat untuk memberikan gambaran keseluruhan proses atau siklus yang ada didalam perusahaan, dan mengetahui batasan ruang lingkup setiap proses yang ada serta fungsi yang terlibat didalamnya

  • Melakukan review struktur organisasi dan job description yang sudah ada.
Melalui struktur organisasi akan diketahui alur instruksi, pengawasan, pelaporan dan koordinasi dari setiap proses yang ada. Kemudian Job description memberikan gambaran mengenai pembagian tugas, tanggung jawab dan wewenang pelaku proses dan juga akan diketahui persyaratan jabatan berupa data kompetensi dari pelaku proses tersebut.

  • Melakukan interview / wawancara terhadap pelaku proses dan penanggung jawab proses tersebut
Melakukan interview terhadap pelaku proses untuk mendapatkan kejelasan alur tanggung jawab/instruksi berdasarkan struktur organisasi dan job description, juga untuk mendapat kejelasan alur dokumen/pelaporan dari semua arsip, catatan, laporan dan dokumen lainnya. Setelah melakukan interview pelaku proses, selanjutnya dilakukan cross check kepada penanggung jawab proses terkait.

  •  Melakukan Penyusunan SOP
Penyusunan SOP dilakukan dengan membuat susunan alur proses secara berurutan dan kaitannya dengan proses yang lain, kemudian melengkapi setiap proses dengan pelaku yang terlibat, dokumen terkait serta kebijakan, peraturan, target atau acuan lain yang mengatur dan membatasi proses tersebut.
Apabila diperlukan informasi penjelasan detail tentang proses tersebut, dapat ditambahkan keterangan pada proses tersebut.

  •  Melakukan evaluasi terhadap SOP yang telah disusun
Setelah SOP selesai dibuat, ada baiknya dilakukan evaluasi SOP tersebut untuk mengetahui apakah SOP sudah sesuai dengan proses aktual di internal perusahaan, dan untuk mengetahui kebutuhan dokumen pendukung SOP seperti formulir, instruksi kerja, catatan, dll.

  • Melakukan implementasi  dan review implementasi SOP
SOP yang sudah disusun akan diimplementasikan di internal perusahaan, dalam pengaplikasiannya diperlukan review terhadap implementasi SOP tersebut untuk memastikan efektivitas SOP dan memastikan SOP selalu terupdate sesuai dengan proses aktual dan juga kebijakan yang berlaku di perusahaan.

Pada hakiketnya keberadaan SOP tidak akan berarti apabila tidak didukung oleh komitmen dan kerjasama yang baik dari seluruh komponen perusahaan.

Semoga bermanfaat,
Salam sukses dari Jasa Konsultan SOP
Telpon : 0822 1340 0505
www.jasakonsultan-manajemen.blogspot.com 

Jasa Konsultan dan Training Penerapan 5S



5S adalah singkatan dari Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, dan Shitsuke yang dapat diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia menjadi 5R yaitu Ringkas, Rapi, Resik, Rawat dan Rajin. Pada dasarnya 5S menyangkut kegiatan pengorganisasian tempat kerja dan kerumahtanggaan (House Keeping – 5S).

5S merupakan konsep yang sangat mendasar bagi perusahaan dalam setiap usaha peningkatan mutu karena 5 S / 5 R merupakan langkah penting untuk menghilangkan pemborosan dan peningkatan kesinambungan (Continuous improvement).

Mengapa Harus Melakukan / Menerapkan 5S
  • Respon terhadap kebutuhan customer yang selalu berubah
  • Menjaga kompetisi dengan menghilangkan / mengurangi waste sebagaiwujud peduli lingkungan
  • Mengurangi biaya / cost untuk jangka panjang, mengurangi pemborosan waktu dan mengurangi kecelakaan kerja
  • Pijakan awal untuk program improvement lainnya
  • Meningkatkan citra perusahaan di mata stakeholder, shareholder dan pihak terkait dengan perusahaan
  • Meningkatkan produktivitas kerja karyawan, ketika semua tertata dengan baik dan lingkungan kerja bersih maka akan membuat karyawan bekerja dengan nyaman dan lebih cepat.

  • Menjaga lingkungan kerja dalam keadaan baik dengan meniadakan hal-hal yang tidak dibutuhkan (unnecessary things) berada di area kerja.
  • Mencegah kecelakaan dengan menghilangkan tergelincir karena adanya sampah dilantai, terpeleset karena lantai berminyak dan licin dlsb.
  • Mencegah bahaya api dengan menyimpan material mudah terbakar di kabinet khusus.
  • Meningkatkan disiplin dan rasa memiliki dengan memotivasi setiap orang untuk menjaga area kerja dalam kondisi tertata, aman, dan produktif.

5 S / 5 R merupakan konsep yang sangat sederhana namun sulit sekali untuk diterapkan dengan benar. Sien Consultants mampu membimbing Klien langkah demi langkah untuk menerapkan 5S di lingkungan kerja perusahaan Anda.

Kami SIEN Consultants adalah perusahaan Jasa Konsultasi 5S dan Public Training 5S juga Inhouse Training 5S menawarkan kepada Anda Keahlian kami dalam memberikan Konsultasi 5S & Training 5S dengan metode pendekatan sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda.


Untuk informasi lebih lanjut mengenai Konsultasi 5S dan Training 5S, Silahkan menghubungi kami di : 0811.8403.909 atau mengirimkan email ke info@konsultan-bisnis.com

Konsultan Balanced Scorecard (BSC) / Penyusunan Sistem Penilaian Kinerja Karyawan (SMUK) - KPI


Balanced Scorecard merupakan tools atau bagian dari manajemen strategic yang membantu menterjemahkan strategi dan tujuan yang ingin dicapai perusahaan dalam jangka panjang ke dalam tindakan. Balanced Scorecard (BSC) merupakan metodologi penilaian/pengukuran kinerja Perusahaan yang berorientasi pada pandangan strategis ke masa depan.  Beberapa instansi di Indonesia menyebutnya dengan istilah Sistem Manajemen Unjuk Kerja (SMUK).

Balanced Scorecard akan menilai kinerja perusahaan dengan mempertimbangkan dari 4 perspektif yakni perspektif pembelajaran dan pertumbuhan karyawan termasuk manajemen (learning and growth), perspektif proses bisnis internal (Internal), perspektif pelanggan (customer) dan yang terakhir adalah perspektif keuangan (financial) yang merupakan hasil yang ingin dicapai perusahaan.

Perspektif pembelajaran dan pertumbuhan karyawan termasuk manajemen (learning and growth) berfokus pada bagaimana perusahaan memperhatikan kesejahteraan karyawan, mengembangkan dan meningkatkan kemampuan karyawannya sehingga berpengaruh pada produktivitas kerja karyawannya dan motivasi karyawan dalam melakukan pekerjaannya.

Perspektif proses bisnis internal berfokus pada poses bisnis seperti apa yang terbaik yang harus dilakukan perusahaan di masa yang akan datang untuk mencapai tujuan financial dan kepuasan pelanggan.

Perspektif Pelanggan berfokus pada bagaimana menjadikan perusahaan sebagai supplier yang paling bernilai bagi pelanggan (customer) sehingga pelanggan menjadi loyal kepada perusahaan.

Dan yang terakhir perspektif keuangan (financial) yakni berfokus pada bagaimana perusahaan dapat menghasilkan profit.

Dalam setiap perspektif tersebut di atas akan dibuat indikator – indikator kinerja yang terukur dan objektif. Indikator – indikator kinerja tersebut disebut dengan Key Performance Indicators yang disingkat dengan KPI.

Prespektif learning and growth dapat diukur dari kepuasan karyawan, perputaran karyawan dalam perusahaan dan produktivitas karyawan
Prespektif proses bisnis dapat diukur dari proses inovasi dan proses operasional yang menitikberatkan pada efisiensi proses, konsistensi dan ketepatan waktu dari barang/jasa yang diberikan kepada konsumen
Prespektif customer : Pangsa pasar, Meningkatkan kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan, dll
Perspektif keuangan : profit meningkat dan ROI meningkat, dll

Perlu keahlian khusus dalam pengembangan dan penerapan Balanced Scorecard (BSC) dan KPI yang tepat guna dan akurat.

Apabila perusahaan Anda membutuhkan Jasa Konsultan untuk mendesain Balanced Scorecard atau memberikan Training Pemahaman Balanced Scorecard – Training KPI dan Consultant untuk Develop System HR – Sistem Manajemen Penilaian Kinerja Karyawan, segera hubungi kami

Jasa Konsultan HR
Telpon              : 0822 1340 0505
Fax                   : 021 – 6306560
Email               : sienventy@gmail.com

Jasa Konsultan ISO 27001 - Sistem Manajemen Keamanan Informasi (ISMS Consultants)

jasa konsultan isos 27001


Ada berbagai macam serangan / risiko pada keamanan sistem informasi yang menyebabkan kegagalan fungsi informasi mulai dari gangguan listrik, serangan hacker, virus, pencurian data/informasi penting, denial of service attack (DOS), human error dll.

Disebabkan serangan / risiko dalam keamanan sistem informasi tersebut diatas, ISO 27001 yang saat ini sedang banyak dicari oleh institusi / lembaga keuangan seperti perbankan, securities, asuransi dll yang menempatkan informasi sebagai aset bisnis dari perusahaan. Informasi tersebut memiliki nilai esensial karenanya harus dilindungi sekuritasnya. Perlindungan informasi ini dimaksudkan untuk meminimalkan resiko yang mungkin terjadi pada informasi tersebut.

ISO 27001 (Information Security Management System - ISMS) merupakan Standar Sistem Manajemen Keamanan Informasi (SMKI) yang diterbitkan oleh ISO dan IEC pada tahun 2005.

ISO 27001 menjelaskan secara rinci mengenai tata cara/metode yang dapat digunakan untuk mengelola atau mengatur Sistem Keamanan Informasi di sebuah organisasi. Konsep utama standar Sistem Manajemen Keamanan Informasi adalah mengidentifikasi dan meminimalkan risiko keamanan informasi sampai ke tingkat yang dapat diterima.

Keuntungan minimal yang akan diperoleh organisasi setelah menerapkan ISO 27001 adalah:
  • Meningkatkan efektivitas keamanan informasi
  • Diferensiasi pasar
  • Menambah keyakinan mitra bisnis, stakeholders & pelanggan (Sertifikasi menunjukkan "due dilligence")
  • Satu-satunya standar yang diterima secara global
  • Menunjukkan kepatuhan pada peraturan dan hukum yang berlaku
  • Pemantauan yang independen terhadap manajemen keamanan informasi

ISO 27001 dapat diterapkan di semua jenis instansi/lembaga baik instansi/lembaga keuangan maupun non keuangan.  ISO 27001 merupakan investasi perusahaan dimasa yang akan datang mengingat pesatnya perkembangan sistem informasi. ISO 27001 ini dapat diintegrasikan dengan sistem manajemen lainnya seperti ISO 9001, ISO 31000, ISO 38500, ISO 20000, dll.

Keberhasilan dari penerapan ISO 27001 tidak hanya ditentukan oleh peran IT di suatu perusahaan, tetapi oleh seluruh komponen internal perusahaan. Diperlukan awareness dan komitmen dari internal untuk menerapkannya agar perusahaan mendapatkan manfaat nyata dari ISO 27001.

Kami SIEN Consultants didukung oleh konsultan yang praktisi dalam bidang ISO 27001:2005 yang mampu membimbing komponen perusahaan dalam mendesain Sistem Manajemen Keamanan Informasi - ISO 27001 yang tepat guna bagi perusahaan. Selain dapat mendesain sistem manajemen tersebut, konsultan kami juga mampu membangun awareness dan komitmen dari setiap komponen perusahaan untuk menerapkan sistem manajemen tersebut.

Ingin mendapatkan hasil yang terbaik dari penerapan ISO 27001 untuk perusahaan Anda?
Jangan ragu lagi, silahkan menghubungi kami, kami akan dengan senang hati membantu Anda.

SIEN Consultants
Telp   : 0811.8403.909
Email : sienventy@gmail.com

Jasa Konsultan Job Analysis (Analisis Jabatan) – HR Management



Analisis jabatan merupakan suatu cara yang dilakukan untuk mendapatkan potret atau gambaran menyeluruh dari suatu jabatan, berisi informasi lengkap dan detail dari suatu jabatan.

Melalui analisis jabatan maka akan diketahui spesifikasi jabatan atau persyaratan yang harus dimiliki dari orang yang memangku jabatan tersebut seperti persyaratan pengetahuan, keterampilan, pengalaman dan karakter yang dibutuhkan termasuk juga riwayat pekerjaan, peran, tanggung jawab dan kewenangan orang yang memangku jabatan tersebut. Dengan melakukan analisis jabatan maka karyawan akan berada pada posisi yang sesuai dengan kualifikasi yang dimiliki sehingga perusahaan akan merasakan dampak yang besar dari peningkatan kinerja karyawan yang berdampak langsung pada peningkatan kinerja perusahaan.

Selain bagi organisasi, analisis jabatan juga bermanfaat bagi pemangku jabatan tersebut dimana ketika pemangku jabatan ditempatkan pada jabatan yang sesuai dengan kualifikasinya akan berdampak pada pengembangan dirinya dan sebagai sebuah kesempatan dalam merealisasikan potensinya seoptimal mungkin.

Selain itu, manfaat yang dapat diperoleh dari melakukan analisis jabatan khususnya untuk Human Resources Departement (HRD) adalah sebagai dasar untuk :
  • Perekrutan dan seleksi pegawai
  • Menetapkan kompensasi
  • Rencana pelatihan dan atau peningkatan kompetensi karyawan
  • Standar penilaian kinerja atau prestasi kerja
  • Penentuan jumlah kebutuhan tenaga kerja
  • Program promosi dan mutasi pegawai
  • Penyempurnaan organisasi dan jenjang jabatan
  • Pemerkaya pekerjaan
Untuk melakukan analisis jabatan diperlukan keahlian dibidang Human Resources Management & Strategic karena keakuratan dari hasil analisis jabatan sangat ditentukan oleh analis yang melakukan analisis jabatan tersebut. Yang melakukan analisis jabatan adalah biasanya pakar analisis jabatan atau jasa konsultan HR, HR Manager / Supervisor.


Apabila perusahaan Anda membutuhkan jasa konsultan HR (Human Resources atau Konsultan HRM (Human Resources Management) atau HCM (Human Capital Management) untuk melakukan analisis jabatan atau pembenahan sistem HR di perusahaan Anda, silahkan menghubungi kami, kami akan dengan senang hati membantu Anda dan team.


PT. SIEN Corpora (SIEN Consultants)
Cideng - Jakarta Pusat
Telp : 0811.8403.909
Fax :  021 - 6306560
Email : sienventy@gmail.com

Jasa Konsultan Manajemen SDM / Human Capital Management System Consultant - Konsultan HRD Terbaik dan Berpengalaman

Karyawan (SDM) memiliki peran yang sangat penting dalam suatu organisasi / instansi. Karyawan merupakan aset dalam kompetensi suatu organisasi. Suatu organisasi / instansi dapat mencapai tujuannya yakni dengan adanya support dari setiap karyawan. Agar dapat merealisasikan tujuannya maka keberadaan karyawan haruslah dikelola untuk mendapatkan yang terbaik dari karyawan tersebut “Right Man on the Right Place at the Right Time
Manajemen SDM merupakan salah satu bidang manajemen yang terkait dengan pengelolaan SDM. Manajemen SDM didefinisikan sebagai suatu proses perencanaan, peng-organisasian, pengarahan dan pengendalian sumber daya manusia dalam rangka pencapaian tujuan perusahaan.
Kegiatan dalam Manajemen SDM mencakup kegiatan perencanaan dan pengadaan pegawai, seleksi dan penempatan pegawai, pengembangan personil, integrasi personil kedalam perusahaan dan pemberian imbalan dan benefit, penilaian terhadap kinerja dan pengembangan karir serta pemberhentian karyawan / SDM.
Apakah Anda sudah mempunyai suatu sistem dalam mengelola karyawan / SDM Anda yakni HR Management System? Kami SIEN Consultants ada untuk membantu Anda. Kami didukung oleh konsultan senior yang khusus dalam bidang konsultasi manajemen SDM.
Jasa Manajemen SDM / HR Management yang kami tawarkan melingkupi:
Apabila Anda membutuhkan jasa konsultan Manajemen SDM / Konsultan HR Manajemen / Human Capital Management System dan Human Capital Information System serta Training Pengembangan SDM yang terbaik, jangan ragu lagi untuk menghubungi kami :
SIEN Consultants 
Telp : 0811.8403.909
Email :  sienventy@gmail.com
Growth together with You…

Jasa Konsultan Menyusun SOP ( Standard Operating Procedure ) Perusahaan



Dalam menjalankan proses bisnis suatu perusahaan / instansi akan melibatkan seluruh fungsi yang ada. Masing – masing fungsi mempunyai peran yang sama pentingnya. Ketika peran salah satu dari fungsi tersebut tidak optimal maka akan berpengaruh juga pada fungsi lainnya. Bagaimana hubungan proses kerja antara fungsi yang satu dengan yang lain dapat digambarkan dalam suatu standar prosedur kerja yang sering disebut dengan SOP (Standard Operating Procedure).
Peran SOP / prosedur kerja perusahaan tidak hanya sebatas hal tersebut di atas, SOP mempunyai banyak peran yang sangat membantu perusahaan untuk terus berkembang dan mencapai tujuannya.
Peran dari adanya suatu prosedur kerja / SOP di suatu perusahaan yakni :
  • SOP sebagai acuan kerja
Dengan adanya SOP, setiap karyawan akan dilengkapi dengan petunjuk/acuan yang berisi tahapan dalam melakukan suatu pekerjaan yang memberikan kontrol terhadap proses dan hasil dari suatu pekerjaan tersebut sehingga hasilnya selalu konsisten. Selain itu juga, karyawan akan mengetahui dengan jelas uraian tugas / job decsription dan tanggung jawab yang harus dilakukannya serta akan mengetahui target yang harus dicapai dalam melaksanakan pekerjaan tersebut.
  • SOP sebagai bahan pelatihan
SOP dapat menjadi bahan pelatihan bagi karyawan baru dimana karyawan dapat belajar proses bisnis perusahaan dari SOP yang ada. Karyawan tersebut tidak lagi bergantung pada karyawan yang lama atau bagian lain yang terkait dengan pekerjaan tersebut.
  • SOP sebagai dasar audit
SOP dapat sebagai dasar audit untuk menelesuri ketidaksesuaian yang terjadi. Ketika ada proses yang menyimpang atau produk yang dihasilkan tidak sesuai dengan standar, maka dapat diidentifikasi letak kesalahannya dan juga dapat mengetahui cara untuk memperbaikinya.
  • SOP sebagai bukti pemenuhan persyaratan
Memiliki dan menerapkan SOP saat ini sering dijadikan sebagai suatu persyaratan bagi perusahaan dalam mengikuti suatu tender atau penawaran kerjasama. Selain  itu juga, ketika perusahaan hendak menerapkan suatu standar internasional – ISO dan mendapatkan sertifikasinya atau pengakuan secara internasional, maka perusahaan dipersyaratkan harus mempunyai suatu dokumen standar prosedur kerja yakni SOP.
Keberadaan SOP saat ini penting namun sering kali tidak dilihat, berguna namun sering kali tidak dipakai. Hal ini disebabkan karena SOP yang bertele-tele, bahasa yang sulit untuk dimengerti, model SOP yang tidak familiar, SOP yang tidak efektif, atau SOP yang cenderung dianggap sebagai tambahan beban pekerjaan dan juga ada faktor sulit untuk merubah kebiasaan kerja yang sudah dilakukan bertahun tahun dan masih banyak hal lainnya.
Kami SIEN Consultants yang sudah berdiri sejak tahun 2001 merupakan perusahaan jasa konsultan dan training, salah satu bidang services kami adalah memberikan jasa konsultan SOP dan training SOP. Kami selalu berusaha memperbaiki services yang kami berikan karena kami mengutamakan kepuasan pelangggan kami. Kami selalu mendesain SOP yang sesuai dengan kondisi di internal perusahaan klien kami dan selalu ber acuan pada kebijakan perusahaan sehingga SOP yang ada dapat diterapkan dan diterima dengan baik oleh seluruh komponen perusahaan.
Dengan pengalaman yang kami miliki dalam berbagai jenis bisnis usaha mulai dari pengembangan SOP perusahaan jasaSOP manufakturSOP pertambanganSOP kontraktorSOP perkebunanSOP investasiSOP industri makanan, SOP Perbankan, SOP Universitas, SOP Rumah Sakit baik perusahaan berskala kecil maupun perusahaan besar, perusahaan swasta maupun instansi pemerintahan dan BUMN kami yakin mampu mendesain SOP yang tepat guna bagi perusahaan Anda. SOP yang kami kembangkan mulai dari SOP Operasional, SOP HRD, SOP GA, SOP Produksi,SOP Finance, SOP Accounting, SOP Marketing, SOP Purchasing, SOP Administrasi, dll.

Untuk menggunakan jasa kami, Anda dapat menghubungi kami 
PT. SIEN Corpora (SIEN Consultants) - Jasa Konsultan SOP terbaik sejak tahun 2001
Cideng  - Jakarta Pusat
Telp :  0811.8403.909
Email : sienventy@gmail.com