Jasa Konsultan Bisnis : Konsultan HRD - Konsultan SOP - ISO dan Training Manajemen SDM

Apabila Anda membutuhkan Jasa Konsultan Manajemen Bisnis, Penyusunan SOP, Sistem HR Manajemen, ISO dan Training ISO, Silahkan menghubungi kami di nomor telpon 0811.8403.909 atau mengirimkan email ke venty@sienconsultant.com.Company profile kami dapat Anda lihat di www.konsultan-bisnis.com.

Jasa Konsultan HRD - Human Resources Management

Jasa Konsultan Manajemen SDM - HR Management yang kami tawarkan : Penyusunan Prosedur HR, Performance Appraisal/Management, Sistem Penggajian, HR Dashboard, Analisis Jabatan (Job Analysis), Penyusunan KPI, Sistem Remunerasi, Job Grading, Pengembangan Organisasi, Penyusunan Peraturan Perusahaan, dll. Untuk info lebih lanjut silahkan menghubungi kami di 0811.8403.909, kami akan dengan senang hati membantu Anda

Training ISO – Pelatihan SDM / HR Development

Salah satu jasa yang kami tawarkan yakni memberikan training pengembangan SDM baik training Manajemen maupun training ISO. Kelas training yang kami sediakan adalah private training, public training dan inhouse training. Untuk informasi lebih lanjut silahkan menghubungi kami di nomor telp : 0811.8403.909, kami akan dengan senang hati membantu Anda...

Jasa Konsultan Management System - ISO

Konsultasi dalam management system - ISO yang kami tawarkan melingkupi : ISO 9001 - ISO 14001 - OHSAS 18001 - ISO 22000 - ISO 31000 - ISO 13485 - ISO/TS 16949 - ISO 50001 - ISO 27001 - ISO 26000 - ISO 17025 - SA 8000 - GMP - HACCP - 5S. Untuk informasi lebih lanjut silahkan menghubungi kami : 0811.8403.909, kami akan dengan senang hati membantu Anda...

Jasa Konsultan SOP - Penyusunan Prosedur Kerja Perusahaan

Kami memiliki pengalaman membantu klien dalam penyusunan SOP dan Instruksi Kerja (IK) di berbagai jenis bisnis usaha seperti perusahaan jasa, SOP manufaktur, SOP pertambangan, SOP kontraktor, SOP perkebunan, SOP Perbankan, SOP investasi, SOP industri makanan. Kami yakin mampu mendesain SOP yang tepat guna bagi perusahaan Anda. SOP yang kami kembangkan mulai dari SOP Operasional, SOP HRD, SOP GA, SOP Finance dan Accounting, SOP Marketing, SOP Purchasing, SOP Administrasi, dll.

Recent Posts

Konsultan OD ( Organization Development Consultant ) dan Konsultasi Pengembangan atau Restrukturisasi Organisasi



Apakah perusahaan Anda ingin memperoleh keuntungan melalui efisiensi tinggi dan peningkatan produktivitas? Salah satu cara untuk mencapai hasil ini, dan segudang manfaat lainnya, adalah melalui organizationdevelopment (pengembangan organisasi). Organization development ( OD ) adalah upaya terencana perusahaan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas perusahaan guna mencapai tujuan strategisnya. 

Organization development atau pengembangan organisasi merupakan salah satu bidang pengembangan dari Manajemen SDM / HR Management System. Dimana organization development fokus membantu perusahaan dalam mencapai peningkatkan kinerja yang berkelanjutan melalui SDM nya. Secara umum, tujuan dari organization development adalah memampukan perusahaan dalam melakukan pemecahan masalah, memberikan respon yang lebih baik dan mampu beradaptasi terhadap perubahan industri dan pasar serta perubahan teknologi.

Berikut adalah keuntungan utama yang didapatkan perusahaan ketika melakukan organization development :
  • Perbaikan yang Berkelanjutan (Continuous Improvement)
Perusahaan yang terlibat dalam pengembangan organisasi berkomitmen untuk senantiasa memperbaiki bisnisnya. Proses OD menciptakan suatu siklus perbaikan yang berkelanjutan dimana setiap strategi direncanakan, diimplementasikan, dievaluasi, diperbaiki dan dimonitor penerapannya. Pendekatan OD proaktif yang mencakup perubahan yang terjadi baik internal maupun eksternal dan memanfaatkan perubahan tersebut untuk pembaharuan di internal perusahaan.

  • Meningkatkan Komunikasi Internal Perusahaan
Salah satu keuntungan utama Organization Development adalah meningkatkan komunikasi, feedback dan interaksi didalam perusahaan. Tujuan meningkatkan komunikasi adalah untuk menyelaraskan seluruh karyawan dengan tujuan perusahaan dan nilai-nilai bersama. Komunikasi yang terbuka juga akan mendorong untuk meningkatkan pemahaman akan kebutuhan perubahan didalam organisasi. Komunikasi dilakukan secara terbuka disemua tingkatan organisasi dan feedback yang relevan secara berulang dibagikan untuk dilakukan perbaikan dan atau pembaharuan.

  • Pengembangan Karyawan
Organizational development yang fokus pada peningkatan komunikasi di internal perusahaan dapat secara langsung mempengaruhi karyawan untuk dapat memberikan perubahan seperti yang diinginkan dalam menyikapi perubahan industri dan pasar. Hal ini didukung dengan adanya sistem pengembangan karyawan. Perusahaan secara berkala akan melakukan pengembangan karyawan untuk dapat memenuhi kebutuhan pasar yang terus berkembang. Pengembangan karyawan dapat dicapai melalui program pembelajaran, training, peningkatan keterampilan / kompetensi dan perbaikan proses kerja / business process.

  •  Peningkatan Produk dan Layanan
Keuntungan utama dari dilakukannya OD adalah adanya inovasi, yang mengarah ke produk dan layanan tambahan. Inovasi dapat dicapai melalui pengembangan karyawan, yang berfokus pada peningkatan hasil kerja yang memuaskan dan peningkatan motivasi dan semangat kerja. Dalam hal ini, keterlibatan karyawan merupakan faktor utama dalam peningkatan kreatifitas dan inovasi produk dan layanan. Selain itu, organizational development juga dapat meningkatkan inovasi produk melalui analisis kompetitif, riset pasar (market research) dan melalui perkiraan ekspektasi dan preferensi konsumen.

  • Peningkatan Keuntungan
Organizational development mempengaruhi bottom line perusahaan dalam berbagai cara. Melalui peningkatan inovasi dan produktivitas serta terjadi efisiensi, keuntungan perusahaan tentunya akan meningkat. Biaya – biaya juga akan berkurang dengan meminimalkan turn over dan mengurangi tingkat ketidakhadiran karyawan. Karena OD selaras dengan tujuan dan fokus pada pengembangan, mutu produk/jasa dan peningkatan kepuasaan karyawaan. Pergeseran budaya ke arah perbaikan yang berkelanjutan membuat perusahaan memiliki keunggulan tersendiri dalam persaingan industri dan pasar. 

Apabila Anda membutuhkan konsultasi lebih lanjut dalam penerapan organization development, silahkan konsultasikan dengan jasa konsultan bisnis terpercaya atau HR Management Consultants.

Salam sukses dari jasa konsultan pengembangan organisasi / konsultan Organization Development
0811 8403 909
sienventy@gmail.com

Penilaian Kinerja Karyawan / Performance Appraisal dari Konsultan Manajemen HR terbaik


jasa penilaian kinerja karyawan / performance appraisal consultant


Performance appraisal atau penilaian kinerja esensinya untuk efektifitas manajemen hr perusahaan dan evaluasi karyawan. Performance apraisal membantu karyawan mengembangkan potensi dirinya, meningkatkan kinerja perusahaan dan memberi masukan untuk perencanaan bisnis perusahaan.

Performance appraisal (PA) secara umum dilakukan setiap tahun bagi seluruh komponen perusahaan. Masing – masing staf dinilai oleh atasannya atau manager lini nya, direktur dinilai oleh CEO dan CEO dinilai oleh pimpinan atau pemilik perusahaan tergantung dari besar kecilnya dan struktur perusahaan itu sendiri.

Mengapa performance appraisal atau sistem penilaian kinerja karyawan perlu dilakukan?
Performance appraisal dilakukan dengan tujuan untuk :
  • Pengembangan karyawan : pengembangan sikap dan perilaku, komunikasi yang efektif, meningkatkan motivasi karyawan sebagai umpan balik kinerja, perencanaan karir (promosi), perencanaan mutasi dan penempatan, identifikasi kekuatan dan kebutuhan pengembangan karyawan.
  • Keputusan administratif : merancang sistem grading, sistem penggajian – kompensasi dan benefit, promosi, retensi / terminasi dan  mengidentifikasi kinerja yang buruk.
  • Pemeliharaan organisasi :  perencanaan SDM / HR Planning, perencanaan kebutuhan pelatihan, perencanaan bisnis, identifikasi tujuan organisasi, pencapaian tujuan organisasi, penyelarasan tujuan individu karyawan dan organisasi, membina hubungan baik antara manajemen dan karyawan dan evaluasi sistem manajemen HR.
  • Dokumentasi terkait dengan manajemen SDM / HR Management : validasi riset terkait SDM, menyusun keputusan HR dan pemenuhan terhadap persyaratan legal.

Proses dalam performance appraisal dilakukan dengan berbagai cara. Berikut adalah cara penilaian kinerja karyawan (performance appraisal) yang sering digunakan perusahaan yakni:
  • Penilaian kinerja dari atas ke bawah (top – down)
Metode penilaian kinerja karyawan dilakukan oleh managernya langsung.
  • Penilaian kinerja oleh rekan kerja
Penilaian ini mensyaratkan karyawan di level yang sama yang dapat mereview satu dengan yang lain.
  • Penilaian kinerja 360 derajat
Penilaian dilakukan oleh berbagai tingkatan dalam perusahaan seperti manager, rekan kerja, bawahan juga termasuk didalamnya konsumen (internal dan eksternal) dan supplier perusahaan.
  • Penilaian kinerja dengan melakukan asesmen diri sendiri
Menilai diri sendiri menggunakan tools yang sama seperti yang manager gunakan untuk menilai kinerja karyawan tersebut. Penilaian kinerja dengan model seperti ini efektif apabila digabungkan dengan salah satu dari ketiga metode diatas.

Dengan berbagai cara tersebut diatas, terdapat beberapa teknik dan metode performance appraisal yang dilakukan, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:
  1. Rating Scales : penilaian hasil kerja karyawan dengan menggunakan skala tertentu, mulai dari yang paling rendah sampai dengan yang paling tinggi.
  2. Critical Incidents : membuat catatan perilaku karyawan yang baik positif maupun negatif. 
  3. Essay : menuliskan kelebihan dan kekurangan serta saran untuk peningkatan kinerja karyawan. 
  4. Ranking : mengurutkan / meranking karyawan berdasarkan kinerjanya.
  5. Behaviourally Anchored Rating Scales (BARS) : mengelompokkan perilaku baik, rata-rata dan buruk kemudian memberikan nilai sesuai dengan kontribusi pada kinerjanya

Diperlukan keahlian dalam membuat tools atau alat kerja yang digunakan untuk melakukan performance appraisal untuk mendapatkan hasil yang valid, objektif dan dapat dipertanggung jawabkan.

Apakah perusahaan Anda sudah memiliki tools dalam melakukan performance appraisal? 
Apakah perusahaan Anda membutuhkan jasa konsultan hr dalam melakukan penilaian kinerja / performance appraisal terhadap seluruh karyawan di perusahaan?

Jangan ragu lagi, segera konsultasikan dengan kami, dan kami dengan senang hati membantu anda dalam menyusun sistem hr / sdm yang tepat guna bagi kemajuan perusahaan Anda.

We growth together with you
Salam sukses.
SIEN Consultants  
0811 8403 909
sienventy@gmail.com

Jasa Menyusun Sistem Penggajian / Struktur Penggajian Perusahaan dari Konsultan Manajemen HR

Menarik kandidat terbaik, memotivasi dan mempertahankankan kandidat terbaik yang sudah ada merupakan salah satu tantangan tersendiri bagi suatu perusahaan. Ketika perusahaan memiliki kandidat terbaik di internal perusahaan, maka tidak akan sulit bagi perusahaan untuk tetap eksis dan berkembang dimasa yang akan datang.

Perusahaan melalui manajemen hr selalu mencari cara atau strategi untuk menarik, memotivasi dan mempertahankan karyawan terbaik mereka. Salah satu strategi yang dapat dilakukan yakni dengan menyusun sistem penggajian dan tunjangan (compensation and benefit) yang tepat.

Dalam penyusunan sistem penggajian dan tunjangan (compensation and benefit) tentunya harus selaras dengan visi misi dan strategi bisnis perusahaan serta mempertimbangkan peraturan terkait, misalnya  UU No. 13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan. Selain itu juga perlu diperhatikan faktor – faktor eksternal lainya yang mempengaruhi, misalnya harga pasar terhadap suatu jabatan tertentu, perubahan sosial dan ekonomi serta faktor – faktor lainnya.

Berikut adalah gambar beberapa komponen dalam penyusunan compensation and benefit
Adapun dasar yang perlu dilakukan dalam mendesain pola atau sistem penggajian dan tunjangan (compensation and benefit) yang baik adalah dengan dengan melakukan analisis jabatan (job analysis), evaluasi jabatan (job evaluation) dan job grading, sehingga akan diketahui spesifikasi, variabel - variabel dan nilai yang tepat dari setiap level jabatan yang ada.

Diperlukan keahlian khusus dalam mendesain suatu model sistem compensation and benefit untuk menghasilkan sistem penggajian dan tunjangan yang adil, kompetitif dan sesuai dengan anggaran perusahaan.

SIEN Consultants merupakan perusahaan jasa konsultan manajemen hr / konsultan sdm - hr management consultant yang sudah banyak membantu klien baik perusahaan swasta, bumn maupun perusahaan pemerintah dalam menyusun sistem penggajian dan tunjangan (compensation and benefit) – sistem kompensasi dan manfaat untuk memenuhi kebutuhan bisnis perusahaan yakni membantu mencapai sasaran dan tujuan perusahaan.

Sistem penggajian dan tunjangan (compensation and benefit) yang didesain oleh konsultan HR kami merupakan sistem yang praktis, sederhana, valid (sudah diuji coba) dan dirancang khusus untuk perusahaan Anda sehingga tepat guna dan dapat diterapkan dengan baik di internal perusahaan Anda.

Silahkan menghubungi kami untuk konsultasi cara menyusun sistem penggajian dan tunjangan / compensation and benefit / sistem com-ben / kompensasi dan manfaat yang tepat bagi perusahaan Anda. Tentunya kami akan dengan senang hati membantu Anda.

Salam sukses.
SIEN Consultants : 0811 8403 909
Email : sienventy@gmail.com