Recent Posts

Minggu, 29 September 2013

Jasa Konsultan Menyusun Uraian Jabatan / Review Job Description



Uraian jabatan memiliki peranan penting dalam proses bisnis perusahaan dan dapat dipastikan bahwa tanpa uraian jabatan yang jelas maka akan banyak tumpang tindih pekerjaan atau tanggung jawab. Hal ini dapat mengakibatkan beban bagi perusahaan dan berdampak pada kemajuan perusahaan dalam mencapai Visi dan Misi nya.


Uraian jabatan mencakup uraian pekerjaan, tugas, wewenang dan tanggungjawab yang melekat pada suatu jabatan untuk dilaksanakan oleh pejabat yang melakukan tugas tersebut harus jelas dan mudah dipahami agar pejabat yang bersangkutan mengetahui tugas, tanggungjawab, wewenang dan standar prestasi yang harus dicapainya. Uraian jabatan juga memuat dan menggambarkan spesifikasi pekerjaan yang menjadi dasar penentuan syarat jabatan atau standar kualifikasi orang yang menduduki jabatan tersebut.


Menyusun uraian jabatan (job description) harus memenuhi syarat berikut ini:
1.   Adanya pemisahan antara tugas dan tanggung jawab
     Tugas, tanggung jawab dan wewenang harus dipisahkan secara jelas. Perbedaan tugas, tanggung jawab dan wewenang dapat diuraikan sebagai berikut:
  • Tugas (tasks): kewajiban untuk menjalankan pekerjaan yang dibebankan sehubungan dengan jabatan yang dipangkunya.
  • Tanggung jawab (responsibility): kewajiban untuk memastikan bahwa tugas yang dikerjakannya telah dijalankan dengan baik sesuai dengan tujuan/sasaran yang ditetapkan.
  • Wewenang (authority): hak dan kewenangan yang melekat pada seseorang karena jabatan yang dipangkunya, baik untuk menerbitkan keputusan dan kebijakan maupun untuk penugasan staf dan penggunaan anggaran dalam organisasi.
2.  Syarat kerja harus diuraikan dengan jelas, seperti alat-alat, mesin dan bahan yang akan dipergunakan untuk melakukan pekerjaan tersebut.
3.  Ringkasan jabatan menguraikan bentuk umum pekerjaan dengan mencantumkan fungsi atau aktivitas utamanya.
4. Tanggung jawab dan wewenang disusun seimbang untuk menjamin tidak terjadinya penyalahgunaan wewenang dan menjamin tugas dikerjakan dengan baik serta sasaran tercapai.
5. Penjelasan hubungan jabatan secara vertikal dan horizontal, sehingga mewujudkan perencanaan karir pegawai atau mutasi untuk memperkaya pengalaman.
6.  Menjadi tolok ukur keberhasilan seseorang dalam jabatan dan untuk mengevaluasi atau mengukur kinerja pegawai.


Sudahkah uraian jabatan di Perusahaan Bapak / Ibu memenuhi syarat diatas?

Apabila perusahaan Bapak / Ibu membutuhan jasa konsultan menyusun Uraian Jabatan (Job Description), silahkan menghubungi kami, kami akan dengan senang hati membantu Anda…
SIEN Consultants
Cideng – Jakarta Pusat
Telp : 021 – 324 03 909
Email : venty@sienconsultant.com / info@konsultan-bisnis.com
Website : www.konsultan-bisnis.com

0 komentar :

Poskan Komentar