Recent Posts

Tahapan Penyusunan SOP Perusahaan dari Jasa Konsultan SOP terbaik


Tidak ada suatu standar baku atau khusus dalam penyusunan suatu prosedur kerja atau SOP –Standard Operating Procedure. Hanya saja dalam penyusunan SOP harus dilakukan sesuai dengan urutan yang benar agar hasil dari penyusunan SOP tersebut sesuai dengan kondisi dan kebijakan yang berlaku di perusahaan dan juga tentunya supaya tepat guna.

Langkah – langkah atau Cara Menyusun SOP dari SIEN Consultants adalah sebagai berikut:

  • Melakukan pemetaan proses bisnis perusahaan
Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat peta proses bisnis perusahaan. Peta proses ini dibuat untuk memberikan gambaran keseluruhan proses atau siklus yang ada didalam perusahaan, dan mengetahui batasan ruang lingkup setiap proses yang ada serta fungsi yang terlibat didalamnya

  • Melakukan review struktur organisasi dan job description yang sudah ada.
Melalui struktur organisasi akan diketahui alur instruksi, pengawasan, pelaporan dan koordinasi dari setiap proses yang ada. Kemudian Job description memberikan gambaran mengenai pembagian tugas, tanggung jawab dan wewenang pelaku proses dan juga akan diketahui persyaratan jabatan berupa data kompetensi dari pelaku proses tersebut.

  • Melakukan interview / wawancara terhadap pelaku proses dan penanggung jawab proses tersebut
Melakukan interview terhadap pelaku proses untuk mendapatkan kejelasan alur tanggung jawab/instruksi berdasarkan struktur organisasi dan job description, juga untuk mendapat kejelasan alur dokumen/pelaporan dari semua arsip, catatan, laporan dan dokumen lainnya. Setelah melakukan interview pelaku proses, selanjutnya dilakukan cross check kepada penanggung jawab proses terkait.

  •  Melakukan Penyusunan SOP
Penyusunan SOP dilakukan dengan membuat susunan alur proses secara berurutan dan kaitannya dengan proses yang lain, kemudian melengkapi setiap proses dengan pelaku yang terlibat, dokumen terkait serta kebijakan, peraturan, target atau acuan lain yang mengatur dan membatasi proses tersebut.
Apabila diperlukan informasi penjelasan detail tentang proses tersebut, dapat ditambahkan keterangan pada proses tersebut.

  •  Melakukan evaluasi terhadap SOP yang telah disusun
Setelah SOP selesai dibuat, ada baiknya dilakukan evaluasi SOP tersebut untuk mengetahui apakah SOP sudah sesuai dengan proses aktual di internal perusahaan, dan untuk mengetahui kebutuhan dokumen pendukung SOP seperti formulir, instruksi kerja, catatan, dll.

  • Melakukan implementasi  dan review implementasi SOP
SOP yang sudah disusun akan diimplementasikan di internal perusahaan, dalam pengaplikasiannya diperlukan review terhadap implementasi SOP tersebut untuk memastikan efektivitas SOP dan memastikan SOP selalu terupdate sesuai dengan proses aktual dan juga kebijakan yang berlaku di perusahaan.

Pada hakiketnya keberadaan SOP tidak akan berarti apabila tidak didukung oleh komitmen dan kerjasama yang baik dari seluruh komponen perusahaan.

Semoga bermanfaat,
Salam sukses dari Jasa Konsultan SOP
Telpon : 0822 1340 0505
www.jasakonsultan-manajemen.blogspot.com 

2 komentar :

PT. Metalogic Informatika adalah usaha di bidang Konsultan Komputer, Maintenance Komputer, Service dan Reparasi Komputer

Kami juga menyediakan berbagai macam kebutuhan komputer dengan harga kompetitif

Untuk Info lebih lanjut Hub :

Herry
HP 081808848274
021 5324790 – 92
atau klik www.metalogic.co.id

butuh video company profile? silahkan cek website http://jasapembuatannvideoprofile.blogspot.com/

Posting Komentar