Jasa Konsultan Penyusunan Dokumen HSE dan Kuesioner CSMS Tender Oil & Gas
Apakah perusahaan Anda akan
atau sedang mengikuti tender di perusahaan Oil and Gas dan perusahaan Anda
dipersyaratkan untuk memenuhi kualifikasi sesuai dengan CSMS perusahaan Oil and
Gas tersebut dengan menyusun beberapa dokumen sesuai kuesioner CSMS?
Silahkan menghubungi kami
segera, kami akan membantu Anda dalam menyusun dokumen HSE lengkap,
mempersiapkan dokumen tender Oil and Gas dan melengkapi persyaratan CSMS.
Dalam 3 sampai dengan 4 hari
kami bisa menyelesaikannya dengan baik, sudah banyak klien yang kami bantu dan
semuanya lulus mendapatkan tender dengan nilai/poin yang tinggi termasuk dalam
kelas high risk.
SIEN Consultants merupakan
salah satu perusahaan terbaik dalam menyusun sistem dokumentasi HSE serta mampu
membantu klien dalam mengimplementasikannya dengan mudah. Jangan ragu silahkan
menghubungi kami,
SIEN Consultants,
Telp : 0822 1340 0505
Email : sienventy@gmail.com
Tahapan dalam menyusun HR Scorecard – KPI – HR Dashboard dari Konsultan HR
SDM memiliki peran yang sangat penting karena SDM merupakan unsur
dominan penentu daya saing (competitive advantage) suatu perusahaan. Oleh
karenanya penting bagi perusahaan untuk melakukan pengukuran terhadap kinerja
SDM-nya dalam mendukung pencapaian strategi perusahaan.
Salah satu konsep yang mengatur langkah – langkah penting dalam
mengelola strategi SDM yakni dengan Human Resources Scorecard (HRSc).
Apakah Human Resources Scorecard (HRSc) itu?
Human Resources Scorecard (HRSc) adalah suatu mekanisme yang secara
komprehensif mampu menggambarkan dan mengukur bagaimana sistem pengelolaan SDM
dapat menciptakan nilai atau memberikan kontribusi bagi perusahaan (Becker,
Huselid dan Ulrich, 2001).
Dapat dikatakan, HR scorecard merupakan suatu alat yang digunakan
untuk mengukur kontribusi karyawan / SDM pada implementasi strategi perusahaan
dan untuk meningkatkan fungsi dan pengelolaan SDM (HR – Management) sebagai
aset strategic.
Adapun tahapan pengukuran kinerja pegawai dengan HRSc adalah sebagai
berikut :
- Mengidentifikasi kompetensi SDM (Human Resources Competency)
Model kompetensi SDM diperlukan untuk memperjelas ekspektasi suatu
jabatan, mengoptimalkan produktivitas, serta mendukung penyesuaian terhadap
perubahan
- Melakukan pengukuran High Performance Work System (HPWS)
Sistem pengukuran kinerja dalam perusahaan meliputi
indikator-indikator yang mencerminkan fokus pada kinerja yang ada di setiap
elemen dalam sistem SDM dan yang menekankan pada orientasi kinerja pada setiap
kegiatan
- Mengukur keselarasan SDM (HR Alignment)
Human Resources Alignment mencakup keselarasan terhadap eksternal (external aligment) dan internal
(internal aligment). Keselarasan secara eksternal dimaksud untuk menilai sejauh
mana sistem SDM memenuhi kebutuhan penerapan terhadap strategi perusahaan. Sedangkan
keselarasan secara internal (internal aligment) adalah bagaimana setiap elemen
dapat bekerja bersama dan tidak mengalami konflik.
- Mengukur Efisiensi SDM (HR Efficiency)
Untuk mengetahui efisiensi kegiatan dan program pengembangan SDM yang
dapat memberikan kontribusi langsung terhadap implementasi stategi perusahaan.
- Menganalisis Human Resource Deliverable
Human Resource Deliverable, merupakan faktor utama dari kontribusi SDM
dalam mengimplementasikan strategi perusahaan.
Ketika perusahaan sudah mengelola SDM-nya dengan HR Scorecard, maka
perusahaan akan memiliki nilai tambah atau kapabilitas unggulan dalam berdaya
saing di lingkungan bisnis yang kompetitif. Selain itu perusahaan akan mampu
menilai kontribusi dari SDM terhadap pencapaian strateginya serta mendukung
adanya perubahan (change) dan fleksibilitas perusahaan.
Apabila Anda membutuhkan jasa konsultan HR Scorecard – HRSc Consultant
ataupun training pemahaman HR Scorecard, jangan ragu lagi untuk menghubungi
kami karena kami didukung oleh jasa konsultan HRD / SDM yang handal &
praktisi dalam bidang HR Management
Salam sukses dari Jasa Konsultan HRD
PT. SIEN Corpora (SIEN Consultants)
Telp : 0822 1340 0505
Fax : (021) 6306560
Email :sienventy@gmail.com
Email :sienventy@gmail.com
Konsultan Performance Management / Performance Appraisal - Sistem Manajemen Kinerja
Banyak perusahaan yang tidak menyadari
pentingnya suatu manajemen kinerja dalam pengelolaan SDM
(karyawan) yang dimiliki, maka tak jarang karyawan memposisikan diri hanya
sebagai pekerja pasif hanya bekerja sesuai dengan job description yang ada dan
sebatas penghasilan yang diterima setiap bulannya, tingkat turn over tinggi,
rasa ketidakpuasan dalam bekerja, tidak adanya rasa memiliki terhadap
perusahaan, dan masih banyak hal lainnya.
Performance management (manajemen kinerja)
merupakan bagian dari fungsi HR dalam pengelolaan karyawan dan pengembangan
karyawan. Performance management menjadi komponen
kunci untuk meningkatkan motivasi karyawan dan mendorong karyawan untuk
memberikan kinerja yang prima pada perusahaan.
Manajemen kinerja merupakan proses yang
digunakan untuk mengidentifikasi, mendorong, mengukur, mengevaluasi,
memperbaiki, dan memberikan imbalan terhadap prestasi karyawan.
Mengapa performance management (manajemen kinerja)
itu penting?
Performance management sebagai dasar untuk :
·
Mengidentifikasi tingkat prestasi terakhir
yang telah dicapai oleh karyawan
·
Mengidentifikasi kekurangan maupun
kelebihan yang dimiliki karyawan
· Memberikan penghargaan kepada karyawan
dalam kaitannya dengan kontribusi terhadap pencapaian tujuan organisasi
·
Memotivasi karyawan agar berprestasi
dengan lebih baik lagi
·
Mengidentifikasi kebutuhan pelatihan dan
pengembangan bagi karyawan
· Mengidentifikasi potensi yang dimiliki
oleh karyawan yang belum dikembangkan atau dioptimalkan
·
Sebagai bahan informasi bagi perencanaan
karir karyawan
Dapat disimpulkan bahwa perusahaan yang memiliki sistem manajemen kinerja (performance management) yang baik cenderung memiliki karyawan dengan performance kerja yang baik, tingkat produktivitas tinggi, motivasi kerja yang tinggi, kepuasan kerja, lingkungan kerja yang kondusif yang pada akhirnya berdampak pada peningkatan produktivitas perusahaan.
Diperlukan keahlian dalam mendesain sistem manajemen kinerja / performance management / performanceappraisal yang baik di suatu
perusahaan. Yang dapat melakukan penyusunan sistemperformance management adalah para
ahli dibidang sistem HR dan para praktisi jasa konsultan HR yang memiki
keterampilan dalam bidang performance management.
Apabila Bapak dan Ibu membutuhkan jasa
konsultan HR dalam mendesain manajemen kinerja / performance management /
performance appraisal / penilaian kinerja, silahkan menghubungi kami
sebagai jasa konsultan HRD yang sudah berdiri sejak tahun 2001, yang sudah
memiliki banyak pengalaman dalam mendesain sistem
HR di berbagai bidang usaha. Selain itu juga kami dapat
membantu dalam pendampingan dalam menerapkan sistemmanajemen atau melakukan penilaian
kinerja tersebut.
Semoga bermanfaat,
Salam sukses dari Jasa Konsultan HRD
Telp : 0822 1340 0505
Fax : 021 – 6306560
Email : sienventy@gmail.comJasa Konsultan Menyusun Uraian Jabatan / Review Job Description
Uraian jabatan memiliki peranan penting
dalam proses bisnis perusahaan dan dapat dipastikan bahwa tanpa uraian jabatan
yang jelas maka akan banyak tumpang tindih pekerjaan atau tanggung jawab. Hal
ini dapat mengakibatkan beban bagi perusahaan dan berdampak pada kemajuan
perusahaan dalam mencapai Visi dan Misi nya.
Uraian jabatan mencakup
uraian pekerjaan, tugas, wewenang dan tanggungjawab yang melekat pada suatu
jabatan untuk dilaksanakan oleh pejabat yang melakukan tugas tersebut harus
jelas dan mudah dipahami agar pejabat yang bersangkutan mengetahui tugas,
tanggungjawab, wewenang dan standar prestasi yang harus dicapainya. Uraian jabatan
juga memuat dan menggambarkan spesifikasi pekerjaan yang menjadi dasar
penentuan syarat jabatan atau standar kualifikasi orang yang menduduki jabatan
tersebut.
Menyusun uraian jabatan (job description)
harus memenuhi syarat berikut ini:
1. Adanya pemisahan antara tugas dan tanggung
jawab
Tugas, tanggung jawab dan wewenang harus
dipisahkan secara jelas. Perbedaan
tugas, tanggung jawab dan wewenang
dapat diuraikan sebagai berikut:
- Tugas (tasks) merupakan kewajiban untuk
menjalankan pekerjaan yang dibebankan sehubungan dengan jabatan yang
dipangkunya.
- Tanggung jawab (responsibility) merupakan
kewajiban untuk memastikan bahwa tugas yang dikerjakannya telah dijalankan
dengan baik sesuai dengan tujuan/sasaran yang ditetapkan.
- Wewenang (authority) merupakan hak dan kewenangan
yang melekat pada seseorang karena jabatan yang dipangkunya, baik untuk
menerbitkan keputusan dan kebijakan maupun untuk penugasan staf dan
penggunaan anggaran dalam organisasi.
2. Syarat kerja harus diuraikan dengan jelas,
seperti alat-alat, mesin dan bahan yang akan dipergunakan untuk melakukan
pekerjaan tersebut.
3. Ringkasan jabatan menguraikan bentuk umum
pekerjaan dengan mencantumkan fungsi atau aktivitas utamanya.
4. Tanggung jawab dan wewenang disusun
seimbang untuk menjamin tidak terjadinya penyalahgunaan wewenang dan menjamin
tugas dikerjakan dengan baik serta sasaran tercapai.
5. Penjelasan hubungan jabatan secara vertikal
dan horizontal, sehingga mewujudkan perencanaan karir pegawai atau mutasi untuk
memperkaya pengalaman.
6. Menjadi tolok ukur keberhasilan seseorang
dalam jabatan dan untuk mengevaluasi atau mengukur kinerja pegawai.
Sudahkah uraian jabatan / job description
di Perusahaan Bapak / Ibu sudah memenuhi syarat diatas?
Apabila perusahaan Bapak / Ibu
membutuhan jasa konsultan
menyusun Uraian Jabatan (Job Description), silahkan menghubungi
kami, dengan senang hati akan membantu Anda…
SIEN Consultants
Cideng – Jakarta Pusat
Telp : 0822 1340 0505
Email : sienventy@gmail.comTahapan Penyusunan SOP Perusahaan dari Jasa Konsultan SOP terbaik
Tidak ada suatu standar baku atau
khusus dalam penyusunan suatu prosedur
kerja atau SOP –Standard
Operating Procedure. Hanya saja dalam penyusunan SOP harus dilakukan
sesuai dengan urutan yang benar agar hasil dari penyusunan SOP tersebut sesuai
dengan kondisi dan kebijakan yang berlaku di perusahaan dan juga tentunya
supaya tepat guna.
Langkah – langkah atau Cara
Menyusun SOP dari SIEN Consultants adalah sebagai berikut:
- Melakukan pemetaan proses bisnis perusahaan
Langkah pertama yang harus
dilakukan adalah membuat peta proses bisnis perusahaan. Peta proses ini dibuat
untuk memberikan gambaran keseluruhan proses atau siklus yang ada didalam
perusahaan, dan mengetahui batasan ruang lingkup setiap proses yang ada serta
fungsi yang terlibat didalamnya
- Melakukan review struktur organisasi dan job description yang sudah ada.
Melalui struktur organisasi akan
diketahui alur instruksi, pengawasan, pelaporan dan koordinasi dari setiap
proses yang ada. Kemudian Job
description memberikan gambaran mengenai pembagian tugas, tanggung
jawab dan wewenang pelaku proses dan juga akan diketahui persyaratan jabatan
berupa data kompetensi dari pelaku proses tersebut.
- Melakukan interview / wawancara terhadap pelaku proses dan penanggung jawab proses tersebut
Melakukan interview terhadap
pelaku proses untuk mendapatkan kejelasan alur tanggung jawab/instruksi
berdasarkan struktur organisasi dan job description, juga untuk mendapat
kejelasan alur dokumen/pelaporan dari semua arsip, catatan, laporan dan dokumen
lainnya. Setelah melakukan interview pelaku proses, selanjutnya dilakukan cross
check kepada penanggung jawab proses terkait.
- Melakukan Penyusunan SOP
Penyusunan
SOP dilakukan dengan membuat susunan alur proses secara berurutan
dan kaitannya dengan proses yang lain, kemudian melengkapi setiap proses dengan
pelaku yang terlibat, dokumen terkait serta kebijakan, peraturan, target atau
acuan lain yang mengatur dan membatasi proses tersebut.
Apabila diperlukan
informasi penjelasan detail tentang proses tersebut, dapat ditambahkan
keterangan pada proses tersebut.
- Melakukan evaluasi terhadap SOP yang telah disusun
Setelah SOP selesai dibuat, ada
baiknya dilakukan evaluasi
SOP tersebut untuk mengetahui apakah SOP sudah sesuai dengan
proses aktual di internal perusahaan, dan untuk mengetahui kebutuhan dokumen
pendukung SOP seperti formulir, instruksi kerja, catatan, dll.
- Melakukan implementasi dan review implementasi SOP
SOP yang sudah disusun akan
diimplementasikan di internal perusahaan, dalam pengaplikasiannya diperlukan
review terhadap implementasi
SOP tersebut untuk memastikan efektivitas SOP dan memastikan SOP
selalu terupdate sesuai dengan proses aktual dan juga kebijakan yang berlaku di
perusahaan.
Pada hakiketnya keberadaan SOP tidak
akan berarti apabila tidak didukung oleh komitmen dan kerjasama yang baik dari
seluruh komponen perusahaan.
Semoga bermanfaat,
Salam sukses dari Jasa
Konsultan SOP
Telpon : 0822 1340 0505
Email : sienventy@gmail.com
www.jasakonsultan-manajemen.blogspot.com
Jasa Konsultan dan Training Penerapan 5S
5S adalah singkatan dari Seiri,
Seiton, Seiso, Seiketsu, dan Shitsuke yang dapat diterjemahkan ke dalam bahasa
Indonesia menjadi 5R yaitu
Ringkas, Rapi, Resik, Rawat dan Rajin. Pada dasarnya 5S menyangkut
kegiatan pengorganisasian tempat kerja dan kerumahtanggaan (House
Keeping –
5S).
5S merupakan
konsep yang sangat mendasar bagi perusahaan dalam setiap usaha peningkatan
mutu karena 5
S / 5 R merupakan langkah penting untuk menghilangkan pemborosan
dan peningkatan kesinambungan (Continuous improvement).
Mengapa Harus Melakukan / Menerapkan 5S?
- Respon terhadap kebutuhan customer yang selalu berubah
- Menjaga kompetisi dengan menghilangkan / mengurangi waste sebagaiwujud peduli lingkungan
- Mengurangi biaya / cost untuk jangka panjang, mengurangi pemborosan waktu dan mengurangi kecelakaan kerja
- Pijakan awal untuk program improvement lainnya
- Meningkatkan citra perusahaan di mata stakeholder, shareholder dan pihak terkait dengan perusahaan
- Meningkatkan produktivitas kerja karyawan, ketika semua tertata dengan baik dan lingkungan kerja bersih maka akan membuat karyawan bekerja dengan nyaman dan lebih cepat.
- Menjaga lingkungan kerja dalam keadaan baik dengan meniadakan hal-hal yang tidak dibutuhkan (unnecessary things) berada di area kerja.
- Mencegah kecelakaan dengan menghilangkan tergelincir karena adanya sampah dilantai, terpeleset karena lantai berminyak dan licin dlsb.
- Mencegah bahaya api dengan menyimpan material mudah terbakar di kabinet khusus.
- Meningkatkan disiplin dan rasa memiliki dengan memotivasi setiap orang untuk menjaga area kerja dalam kondisi tertata, aman, dan produktif.
5
S / 5 R merupakan konsep yang sangat sederhana namun sulit
sekali untuk diterapkan dengan benar. Sien Consultants mampu membimbing Klien
langkah demi langkah untuk menerapkan
5S di lingkungan kerja perusahaan Anda.
Kami SIEN Consultants adalah
perusahaan Jasa
Konsultasi 5S dan Public
Training 5S juga Inhouse
Training 5S menawarkan kepada Anda Keahlian kami dalam memberikan Konsultasi
5S & Training
5S dengan metode pendekatan sesuai dengan kebutuhan perusahaan
Anda.
Untuk informasi lebih lanjut
mengenai Konsultasi 5S dan Training 5S, Silahkan menghubungi kami di : 0811.8403.909
atau mengirimkan email ke info@konsultan-bisnis.com
Konsultan Balanced Scorecard (BSC) / Penyusunan Sistem Penilaian Kinerja Karyawan (SMUK) - KPI
Balanced Scorecard
merupakan tools atau bagian dari manajemen strategic yang membantu
menterjemahkan strategi dan tujuan yang ingin dicapai perusahaan dalam jangka
panjang ke dalam tindakan. Balanced Scorecard (BSC) merupakan metodologi
penilaian/pengukuran kinerja Perusahaan yang berorientasi pada pandangan
strategis ke masa depan. Beberapa
instansi di Indonesia menyebutnya dengan istilah Sistem Manajemen Unjuk Kerja
(SMUK).
Balanced Scorecard
akan menilai kinerja perusahaan dengan mempertimbangkan dari 4 perspektif yakni
perspektif pembelajaran dan pertumbuhan karyawan termasuk manajemen (learning
and growth), perspektif proses bisnis internal (Internal), perspektif pelanggan
(customer) dan yang terakhir adalah perspektif keuangan (financial) yang
merupakan hasil yang ingin dicapai perusahaan.
Perspektif
pembelajaran dan pertumbuhan karyawan termasuk manajemen (learning and growth)
berfokus pada bagaimana perusahaan memperhatikan kesejahteraan karyawan,
mengembangkan dan meningkatkan kemampuan karyawannya sehingga berpengaruh pada
produktivitas kerja karyawannya dan motivasi karyawan dalam melakukan
pekerjaannya.
Perspektif proses
bisnis internal berfokus pada poses bisnis seperti apa yang terbaik yang harus
dilakukan perusahaan di masa yang akan datang untuk mencapai tujuan financial
dan kepuasan pelanggan.
Perspektif Pelanggan
berfokus pada bagaimana menjadikan perusahaan sebagai supplier yang paling
bernilai bagi pelanggan (customer) sehingga pelanggan menjadi loyal kepada
perusahaan.
Dan yang terakhir
perspektif keuangan (financial) yakni berfokus pada bagaimana perusahaan dapat
menghasilkan profit.
Dalam setiap
perspektif tersebut di atas akan dibuat indikator – indikator kinerja yang
terukur dan objektif. Indikator – indikator kinerja tersebut disebut dengan Key
Performance Indicators yang disingkat dengan KPI.
Prespektif learning
and growth dapat diukur dari kepuasan karyawan, perputaran karyawan dalam
perusahaan dan produktivitas karyawan
Prespektif proses
bisnis dapat diukur dari proses inovasi dan proses operasional yang
menitikberatkan pada efisiensi proses, konsistensi dan ketepatan waktu dari
barang/jasa yang diberikan kepada konsumen
Prespektif customer :
Pangsa pasar, Meningkatkan kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan, dll
Perspektif keuangan :
profit meningkat dan ROI meningkat, dll
Perlu keahlian khusus dalam pengembangan dan penerapan
Balanced Scorecard (BSC) dan KPI yang tepat guna dan akurat.
Apabila perusahaan Anda membutuhkan Jasa Konsultan untuk
mendesain Balanced Scorecard atau memberikan Training Pemahaman Balanced
Scorecard – Training KPI dan Consultant untuk Develop System HR – Sistem
Manajemen Penilaian Kinerja Karyawan, segera hubungi kami
Jasa Konsultan HR
Telpon : 0822 1340 0505
Fax :
021 – 6306560
Jasa Konsultan ISO 27001 - Sistem Manajemen Keamanan Informasi (ISMS Consultants)
Ada berbagai macam serangan / risiko pada keamanan sistem informasi yang menyebabkan kegagalan fungsi informasi mulai dari gangguan listrik, serangan hacker, virus, pencurian data/informasi penting, denial of service attack (DOS), human error dll.
Disebabkan serangan / risiko dalam keamanan sistem informasi
tersebut diatas, ISO 27001 yang saat ini sedang banyak dicari oleh institusi /
lembaga keuangan seperti perbankan, securities, asuransi dll yang menempatkan
informasi sebagai aset bisnis dari perusahaan. Informasi tersebut memiliki
nilai esensial karenanya harus dilindungi sekuritasnya. Perlindungan informasi
ini dimaksudkan untuk meminimalkan resiko yang mungkin terjadi pada informasi
tersebut.
ISO 27001 (Information Security Management System - ISMS) merupakan
Standar Sistem Manajemen Keamanan Informasi (SMKI) yang diterbitkan oleh ISO
dan IEC pada tahun 2005.
ISO 27001 menjelaskan secara rinci mengenai tata cara/metode yang
dapat digunakan untuk mengelola atau mengatur Sistem Keamanan Informasi di sebuah
organisasi. Konsep utama standar Sistem Manajemen Keamanan Informasi adalah
mengidentifikasi dan meminimalkan risiko keamanan informasi sampai ke tingkat
yang dapat diterima.
Keuntungan minimal yang akan diperoleh organisasi setelah
menerapkan ISO 27001 adalah:
- Meningkatkan
efektivitas keamanan informasi
- Diferensiasi pasar
- Menambah
keyakinan mitra bisnis, stakeholders & pelanggan (Sertifikasi
menunjukkan "due dilligence")
- Satu-satunya standar
yang diterima secara global
- Menunjukkan kepatuhan
pada peraturan dan hukum yang berlaku
- Pemantauan yang
independen terhadap manajemen keamanan informasi
ISO 27001 dapat diterapkan di semua jenis instansi/lembaga baik
instansi/lembaga keuangan maupun non keuangan. ISO 27001 merupakan
investasi perusahaan dimasa yang akan datang mengingat pesatnya perkembangan
sistem informasi. ISO 27001 ini dapat diintegrasikan dengan sistem manajemen
lainnya seperti ISO 9001, ISO 31000, ISO 38500, ISO 20000, dll.
Keberhasilan dari penerapan ISO 27001 tidak hanya ditentukan
oleh peran IT di suatu perusahaan, tetapi oleh seluruh komponen internal
perusahaan. Diperlukan awareness dan komitmen dari internal untuk menerapkannya
agar perusahaan mendapatkan manfaat nyata dari ISO 27001.
Kami SIEN Consultants didukung oleh konsultan yang praktisi dalam
bidang ISO 27001:2005 yang mampu membimbing komponen perusahaan dalam mendesain
Sistem Manajemen Keamanan Informasi - ISO 27001 yang tepat guna bagi
perusahaan. Selain dapat mendesain sistem manajemen tersebut, konsultan kami
juga mampu membangun awareness dan komitmen dari setiap komponen perusahaan
untuk menerapkan sistem manajemen tersebut.
Ingin mendapatkan hasil yang terbaik dari penerapan ISO 27001
untuk perusahaan Anda?
Jangan ragu lagi, silahkan menghubungi kami, kami akan dengan
senang hati membantu Anda.
SIEN
Consultants
Telp : 0811.8403.909
Email : sienventy@gmail.com
Jasa Konsultan Job Analysis (Analisis Jabatan) – HR Management
Analisis jabatan merupakan suatu cara yang dilakukan untuk mendapatkan potret atau gambaran menyeluruh dari suatu jabatan, berisi informasi lengkap dan detail dari suatu jabatan.
Melalui analisis jabatan maka akan diketahui spesifikasi jabatan atau persyaratan yang harus dimiliki dari orang yang memangku jabatan tersebut seperti persyaratan pengetahuan, keterampilan, pengalaman dan karakter yang dibutuhkan termasuk juga riwayat pekerjaan, peran, tanggung jawab dan kewenangan orang yang memangku jabatan tersebut. Dengan melakukan analisis jabatan maka karyawan akan berada pada posisi yang sesuai dengan kualifikasi yang dimiliki sehingga perusahaan akan merasakan dampak yang besar dari peningkatan kinerja karyawan yang berdampak langsung pada peningkatan kinerja perusahaan.
Melalui analisis jabatan maka akan diketahui spesifikasi jabatan atau persyaratan yang harus dimiliki dari orang yang memangku jabatan tersebut seperti persyaratan pengetahuan, keterampilan, pengalaman dan karakter yang dibutuhkan termasuk juga riwayat pekerjaan, peran, tanggung jawab dan kewenangan orang yang memangku jabatan tersebut. Dengan melakukan analisis jabatan maka karyawan akan berada pada posisi yang sesuai dengan kualifikasi yang dimiliki sehingga perusahaan akan merasakan dampak yang besar dari peningkatan kinerja karyawan yang berdampak langsung pada peningkatan kinerja perusahaan.
Selain bagi organisasi, analisis jabatan juga bermanfaat bagi pemangku jabatan tersebut dimana ketika pemangku jabatan ditempatkan pada jabatan yang sesuai dengan kualifikasinya akan berdampak pada pengembangan dirinya dan sebagai sebuah kesempatan dalam merealisasikan potensinya seoptimal mungkin.
Selain itu, manfaat yang dapat diperoleh dari melakukan analisis jabatan khususnya untuk Human Resources Departement (HRD) adalah sebagai dasar untuk :
- Perekrutan dan seleksi pegawai
- Menetapkan kompensasi
- Rencana pelatihan dan atau peningkatan kompetensi karyawan
- Standar penilaian kinerja atau prestasi kerja
- Penentuan jumlah kebutuhan tenaga kerja
- Program promosi dan mutasi pegawai
- Penyempurnaan organisasi dan jenjang jabatan
- Pemerkaya pekerjaan
Untuk melakukan analisis jabatan diperlukan keahlian dibidang Human Resources Management & Strategic karena keakuratan dari hasil analisis jabatan sangat ditentukan oleh analis yang melakukan analisis jabatan tersebut. Yang melakukan analisis jabatan adalah biasanya pakar analisis jabatan atau jasa konsultan HR, HR Manager / Supervisor.
Apabila perusahaan Anda membutuhkan jasa konsultan HR (Human Resources atau Konsultan HRM (Human Resources Management) atau HCM (Human Capital Management) untuk melakukan analisis jabatan atau pembenahan sistem HR di perusahaan Anda, silahkan menghubungi kami, kami akan dengan senang hati membantu Anda dan team.
PT. SIEN Corpora (SIEN Consultants)
Cideng - Jakarta Pusat
Telp : 0811.8403.909
Fax : 021 - 6306560
Email : sienventy@gmail.com
Apabila perusahaan Anda membutuhkan jasa konsultan HR (Human Resources atau Konsultan HRM (Human Resources Management) atau HCM (Human Capital Management) untuk melakukan analisis jabatan atau pembenahan sistem HR di perusahaan Anda, silahkan menghubungi kami, kami akan dengan senang hati membantu Anda dan team.
PT. SIEN Corpora (SIEN Consultants)
Cideng - Jakarta Pusat
Telp : 0811.8403.909
Fax : 021 - 6306560
Email : sienventy@gmail.com
Jasa Konsultan Manajemen SDM / Human Capital Management System Consultant - Konsultan HRD Terbaik dan Berpengalaman
Manajemen SDM merupakan salah satu bidang manajemen yang terkait dengan pengelolaan SDM. Manajemen SDM didefinisikan sebagai suatu proses perencanaan, peng-organisasian, pengarahan dan pengendalian sumber daya manusia dalam rangka pencapaian tujuan perusahaan.
Kegiatan dalam Manajemen SDM mencakup kegiatan perencanaan dan pengadaan pegawai, seleksi dan penempatan pegawai, pengembangan personil, integrasi personil kedalam perusahaan dan pemberian imbalan dan benefit, penilaian terhadap kinerja dan pengembangan karir serta pemberhentian karyawan / SDM.
Apakah Anda sudah mempunyai suatu sistem dalam mengelola karyawan / SDM Anda yakni HR Management System? Kami SIEN Consultants ada untuk membantu Anda. Kami didukung oleh konsultan senior yang khusus dalam bidang konsultasi manajemen SDM.
Jasa Manajemen SDM / HR Management yang kami tawarkan melingkupi:
- Training dan pengembangan SDM (Inhouse Training HR – Public Training HR)
- Pembuatan Performance Appraisal dan Performance Management – Manajemen Kinerja - Penilaian Kinerja Karyawan
- Penyusunan SOP / Sistem Prosedur Kerja HR
- Penyusunan sistem / struktur penggajian
- Perencanaan kebutuhan karyawan
- Penyusunan KPI (Key Performance Indicator)
- Penyusunan Sistem HR Management - HCMS - HRIS
- Penyusunan Job Analysis (Job Description – Uraian Jabatan, Job Specification – Spesifikasi Jabatan, Job Evaluation – Evaluasi Jabatan)
- Penyusunan Job Grading
- Organization Development
- Penyusunan anggaran ketenagakerjaan
- Pembuatan Peraturan Perusahaan (PP)
Apabila Anda membutuhkan jasa konsultan Manajemen SDM / Konsultan HR Manajemen / Human Capital Management System dan Human Capital Information System serta Training Pengembangan SDM yang terbaik, jangan ragu lagi untuk menghubungi kami :
SIEN Consultants
Telp : 0811.8403.909
Email : sienventy@gmail.com
Growth together with You…