Jasa Konsultan Sistem HR Management / HRIS – HCIS dan Human Capital Information System Consultant
Human
Capital Information System (HCMS) atau yang disebut juga dengan Sistem Informasi
Sumber Daya Manusia (SISDM), merupakan suatu aplikasi yang terintegrasi dalam
mendukung implementasi Human Capital Management System (HCMS) / Human Resources
Management System (HR Management System) dengan konsep database terpusat
menggunakan teknologi dan web-based.
Sistem HR
Management ini juga sering disebut dengan istilah Human Resource Information
System (HRIS). Namun dalam implementasinya HCIS lebih dari sekedar personal
administration seperti yang terdapat dalam HRIS (Human Resources Information
System). HCIS berfokus pada sistem pengelolaan kinerja karyawan.
Dengan HCIS
dan HRIS, fungsi HRD dapat bekerja lebih cepat, membuat keputusan lebih akurat
terkait dengan SDM dan lebih fokus pada pengelolaan dan pengembangan SDM.
Fungsi HRD tidak lagi banyak menghabiskan waktunya dengan tugas – tugas rutin
yang bersifat administratif dan kembali kepada fungsinya yang sesungguhnya
sebagai fungsi strategis dalam perusahaan yang fokus mengelola dan
mengembangkan SDM perusahaan untuk meningkatkan produktivitas perusahaan
tersebut.
HCIS dan
HRIS juga memungkinkan karyawan perusahaan untuk bertukar informasi dengan
lebih mudah dan dengan sistem HR ini, mengurangi penggunaan kertas melalui
penyediaan informasi yang terpusat dan mudah untuk diakses dimanapun mereka
berada. Lingkup informasi yang dapat diakses oleh karyawan tergantung dari
kebijakan perusahaan itu sendiri. Adapun informasi yang biasanya dapat diakses
oleh karyawan tersebut melingkupi data diri, data cuti, kehadiran, lembur,
pengajuan training, data prestasi kerja dan kondite. Fitur-fitur ini ada
didalam HRIS.
Untuk
fitur-fitur HCIS dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Beberapa fitur
populer yang terdapat dalam HCIS yakni :
• Struktur organisasi
• Job description
• Database karyawan
• Proses perekrutan
• Employee self services
• Talent management
• Training and development
• Payroll adminstration (administrasi
penggajian)
• Reward dan punishment
• Performance management
• Career planning
• Perencanaan suksesi
• dll
Penting
untuk memilih HCIS dan HRIS yang tepat. Mutu dari suatu sistem HCIS dan HRIS
dilihat dari desainnya yang fleksibel yang menampilkan database terintegrasi
dengan berbagai fitur pilihan dan relevan sepanjang hidup perusahaan. Idealnya,
aplikasi HCIS mampu membuat laporan dan menganalisa informasi dengan cepat dan
akurat. Perusahaan yang mau berinvestasi menerapkan HCIS sesuai dengan tujuan,
visi, misi dan nilai perusahaan adalah perusahaan yang berinvestasi untuk masa
depan dan mencapai keberhasilannya.
Sudahkah
perusahaan Anda memiliki HCIS dan HRIS?
Hubungi kami
Jasa Konsultan Sistem HR Management / HRIS – HCIS dan Human Capital Management
System Consultant, untuk informasi lebih lanjut
Telp : 0811 8403 909
Email : sienventy@gmail.com
Jasa Konsultan SOP - Menyusun Sistem Prosedur Kerja (Sisdur) dan Instruksi Kerja Perusahaan
Keberadaan
SOP saat ini penting namun sering kali tidak dilihat, berguna namun sering kali
tidak dipakai. Hal ini terjadi karena prosedur kerja yang ada bertele-tele,
bahasanya sulit untuk dimengerti, model SOP yang tidak familiar, SOP yang tidak
efektif, atau SOP yang cenderung dianggap sebagai tambahan beban pekerjaan dan
juga ada faktor sulit untuk merubah kebiasaan kerja yang sudah dilakukan selama
bertahun tahun dan masih banyak hal lainnya.
SIEN
Consultants sebagai penyedia jasa konsultansi SOP sejak tahun 2001, sudah
banyak membantu klien dalam memberikan konsultasi menyusun prosedur kerja
perusahaan ( SOP ) juga dalam memberikan training / pelatihan SOP baik kelas
public training – inhouse training maupun private training SOP. Dengan komitmen
mengutamakan kepuasan klien dan membantu pertumbuhan perusahaan klien, kami
didukung oleh tenaga konsultan yang handal, terdidik, terlatih serta memiliki
track record bidang manajemen system (salah satunya SOP) dan business strategic.
Dalam hal
jasa konsultasi SOP, kami selalu mendesain SOP atau instruksi kerja sesuai
dengan kondisi di internal perusahaan dan flow proses bisnisnya serta selalu
beracuan pada kebijakan perusahaan. Selain hal tersebut, kemampuan konsultan
kami dalam menterjemahkan prosedur kerja ( SOP ) dan working instruction ( WI )
yang ada agar dapat diterapkan dan diterima dengan baik oleh seluruh komponen
perusahaan dan yang tidak kalah pentingnya adalah bagaimana SOP dapat membantu
perusahaan dalam mencapai target bisnisnya.
Pengalaman kami dalam menyusun SOP di berbagai bidang bisnis mulai dari
pengembangan SOP dan Instruksi Kerja ( IK ) di perusahaan jasa, SOP manufaktur,
SOP trading, SOP pertambangan, SOP kontraktor, SOP perkebunan, SOP perbankan,
SOP investasi, SOP industri makanan baik perusahaan berskala kecil maupun
perusahaan besar, perusahaan swasta maupun instansi pemerintahan dan BUMN. SOP
yang kami kembangkan mulai dari SOP Operasional, SOP HRD, SOP GA, SOP Produksi,
SOP Finance, SOP Accounting, SOP Marketing, SOP Purchasing, SOP Administrasi,
dan SOP lainnya sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda.
Selain
mendesain SOP dan IK, kami juga akan membimbing team internal perusahaan untuk mampu
mendesain SOP sendiri sehingga ada kemandirian dari perusahaan untuk melakukan
review SOP / update SOP apabila diperlukan dikemudian hari.
Tunggu
apalagi, segeralah hubungi kami, jasa konsultan SOP Perusahaan Anda
PT. SIEN
Corpora (SIEN Consultants)
Jl. Kyai Caringin No. 20A Cideng - Jakarta Pusat
Telp : 0822 1340 0505