Jasa Konsultan Bisnis : Konsultan HRD - Konsultan SOP - ISO dan Training Manajemen SDM

Apabila Anda membutuhkan Jasa Konsultan Manajemen Bisnis, Penyusunan SOP, Sistem HR Manajemen, ISO dan Training ISO, Silahkan menghubungi kami di nomor telpon 0811.8403.909 atau mengirimkan email ke venty@sienconsultant.com.Company profile kami dapat Anda lihat di www.konsultan-bisnis.com.

Jasa Konsultan HRD - Human Resources Management

Jasa Konsultan Manajemen SDM - HR Management yang kami tawarkan : Penyusunan Prosedur HR, Performance Appraisal/Management, Sistem Penggajian, HR Dashboard, Analisis Jabatan (Job Analysis), Penyusunan KPI, Sistem Remunerasi, Job Grading, Pengembangan Organisasi, Penyusunan Peraturan Perusahaan, dll. Untuk info lebih lanjut silahkan menghubungi kami di 0811.8403.909, kami akan dengan senang hati membantu Anda

Training ISO – Pelatihan SDM / HR Development

Salah satu jasa yang kami tawarkan yakni memberikan training pengembangan SDM baik training Manajemen maupun training ISO. Kelas training yang kami sediakan adalah private training, public training dan inhouse training. Untuk informasi lebih lanjut silahkan menghubungi kami di nomor telp : 0811.8403.909, kami akan dengan senang hati membantu Anda...

Jasa Konsultan Management System - ISO

Konsultasi dalam management system - ISO yang kami tawarkan melingkupi : ISO 9001 - ISO 14001 - OHSAS 18001 - ISO 22000 - ISO 31000 - ISO 13485 - ISO/TS 16949 - ISO 50001 - ISO 27001 - ISO 26000 - ISO 17025 - SA 8000 - GMP - HACCP - 5S. Untuk informasi lebih lanjut silahkan menghubungi kami : 0811.8403.909, kami akan dengan senang hati membantu Anda...

Jasa Konsultan SOP - Penyusunan Prosedur Kerja Perusahaan

Kami memiliki pengalaman membantu klien dalam penyusunan SOP dan Instruksi Kerja (IK) di berbagai jenis bisnis usaha seperti perusahaan jasa, SOP manufaktur, SOP pertambangan, SOP kontraktor, SOP perkebunan, SOP Perbankan, SOP investasi, SOP industri makanan. Kami yakin mampu mendesain SOP yang tepat guna bagi perusahaan Anda. SOP yang kami kembangkan mulai dari SOP Operasional, SOP HRD, SOP GA, SOP Finance dan Accounting, SOP Marketing, SOP Purchasing, SOP Administrasi, dll.

Recent Posts

Penilaian Kinerja Karyawan / Performance Appraisal dari Konsultan Manajemen HR terbaik


jasa penilaian kinerja karyawan / performance appraisal consultant


Performance appraisal atau penilaian kinerja esensinya untuk efektifitas manajemen hr perusahaan dan evaluasi karyawan. Performance apraisal membantu karyawan mengembangkan potensi dirinya, meningkatkan kinerja perusahaan dan memberi masukan untuk perencanaan bisnis perusahaan.

Performance appraisal (PA) secara umum dilakukan setiap tahun bagi seluruh komponen perusahaan. Masing – masing staf dinilai oleh atasannya atau manager lini nya, direktur dinilai oleh CEO dan CEO dinilai oleh pimpinan atau pemilik perusahaan tergantung dari besar kecilnya dan struktur perusahaan itu sendiri.

Mengapa performance appraisal atau sistem penilaian kinerja karyawan perlu dilakukan?
Performance appraisal dilakukan dengan tujuan untuk :
  • Pengembangan karyawan : pengembangan sikap dan perilaku, komunikasi yang efektif, meningkatkan motivasi karyawan sebagai umpan balik kinerja, perencanaan karir (promosi), perencanaan mutasi dan penempatan, identifikasi kekuatan dan kebutuhan pengembangan karyawan.
  • Keputusan administratif : merancang sistem grading, sistem penggajian – kompensasi dan benefit, promosi, retensi / terminasi dan  mengidentifikasi kinerja yang buruk.
  • Pemeliharaan organisasi :  perencanaan SDM / HR Planning, perencanaan kebutuhan pelatihan, perencanaan bisnis, identifikasi tujuan organisasi, pencapaian tujuan organisasi, penyelarasan tujuan individu karyawan dan organisasi, membina hubungan baik antara manajemen dan karyawan dan evaluasi sistem manajemen HR.
  • Dokumentasi terkait dengan manajemen SDM / HR Management : validasi riset terkait SDM, menyusun keputusan HR dan pemenuhan terhadap persyaratan legal.

Proses dalam performance appraisal dilakukan dengan berbagai cara. Berikut adalah cara penilaian kinerja karyawan (performance appraisal) yang sering digunakan perusahaan yakni:
  • Penilaian kinerja dari atas ke bawah (top – down)
Metode penilaian kinerja karyawan dilakukan oleh managernya langsung.
  • Penilaian kinerja oleh rekan kerja
Penilaian ini mensyaratkan karyawan di level yang sama yang dapat mereview satu dengan yang lain.
  • Penilaian kinerja 360 derajat
Penilaian dilakukan oleh berbagai tingkatan dalam perusahaan seperti manager, rekan kerja, bawahan juga termasuk didalamnya konsumen (internal dan eksternal) dan supplier perusahaan.
  • Penilaian kinerja dengan melakukan asesmen diri sendiri
Menilai diri sendiri menggunakan tools yang sama seperti yang manager gunakan untuk menilai kinerja karyawan tersebut. Penilaian kinerja dengan model seperti ini efektif apabila digabungkan dengan salah satu dari ketiga metode diatas.

Dengan berbagai cara tersebut diatas, terdapat beberapa teknik dan metode performance appraisal yang dilakukan, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:
  1. Rating Scales : penilaian hasil kerja karyawan dengan menggunakan skala tertentu, mulai dari yang paling rendah sampai dengan yang paling tinggi.
  2. Critical Incidents : membuat catatan perilaku karyawan yang baik positif maupun negatif. 
  3. Essay : menuliskan kelebihan dan kekurangan serta saran untuk peningkatan kinerja karyawan. 
  4. Ranking : mengurutkan / meranking karyawan berdasarkan kinerjanya.
  5. Behaviourally Anchored Rating Scales (BARS) : mengelompokkan perilaku baik, rata-rata dan buruk kemudian memberikan nilai sesuai dengan kontribusi pada kinerjanya

Diperlukan keahlian dalam membuat tools atau alat kerja yang digunakan untuk melakukan performance appraisal untuk mendapatkan hasil yang valid, objektif dan dapat dipertanggung jawabkan.

Apakah perusahaan Anda sudah memiliki tools dalam melakukan performance appraisal? 
Apakah perusahaan Anda membutuhkan jasa konsultan hr dalam melakukan penilaian kinerja / performance appraisal terhadap seluruh karyawan di perusahaan?

Jangan ragu lagi, segera konsultasikan dengan kami, dan kami dengan senang hati membantu anda dalam menyusun sistem hr / sdm yang tepat guna bagi kemajuan perusahaan Anda.

We growth together with you
Salam sukses.
SIEN Consultants  
0811 8403 909
sienventy@gmail.com

Jasa Menyusun Sistem Penggajian / Struktur Penggajian Perusahaan dari Konsultan Manajemen HR

Menarik kandidat terbaik, memotivasi dan mempertahankankan kandidat terbaik yang sudah ada merupakan salah satu tantangan tersendiri bagi suatu perusahaan. Ketika perusahaan memiliki kandidat terbaik di internal perusahaan, maka tidak akan sulit bagi perusahaan untuk tetap eksis dan berkembang dimasa yang akan datang.

Perusahaan melalui manajemen hr selalu mencari cara atau strategi untuk menarik, memotivasi dan mempertahankan karyawan terbaik mereka. Salah satu strategi yang dapat dilakukan yakni dengan menyusun sistem penggajian dan tunjangan (compensation and benefit) yang tepat.

Dalam penyusunan sistem penggajian dan tunjangan (compensation and benefit) tentunya harus selaras dengan visi misi dan strategi bisnis perusahaan serta mempertimbangkan peraturan terkait, misalnya  UU No. 13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan. Selain itu juga perlu diperhatikan faktor – faktor eksternal lainya yang mempengaruhi, misalnya harga pasar terhadap suatu jabatan tertentu, perubahan sosial dan ekonomi serta faktor – faktor lainnya.

Berikut adalah gambar beberapa komponen dalam penyusunan compensation and benefit
Adapun dasar yang perlu dilakukan dalam mendesain pola atau sistem penggajian dan tunjangan (compensation and benefit) yang baik adalah dengan dengan melakukan analisis jabatan (job analysis), evaluasi jabatan (job evaluation) dan job grading, sehingga akan diketahui spesifikasi, variabel - variabel dan nilai yang tepat dari setiap level jabatan yang ada.

Diperlukan keahlian khusus dalam mendesain suatu model sistem compensation and benefit untuk menghasilkan sistem penggajian dan tunjangan yang adil, kompetitif dan sesuai dengan anggaran perusahaan.

SIEN Consultants merupakan perusahaan jasa konsultan manajemen hr / konsultan sdm - hr management consultant yang sudah banyak membantu klien baik perusahaan swasta, bumn maupun perusahaan pemerintah dalam menyusun sistem penggajian dan tunjangan (compensation and benefit) – sistem kompensasi dan manfaat untuk memenuhi kebutuhan bisnis perusahaan yakni membantu mencapai sasaran dan tujuan perusahaan.

Sistem penggajian dan tunjangan (compensation and benefit) yang didesain oleh konsultan HR kami merupakan sistem yang praktis, sederhana, valid (sudah diuji coba) dan dirancang khusus untuk perusahaan Anda sehingga tepat guna dan dapat diterapkan dengan baik di internal perusahaan Anda.

Silahkan menghubungi kami untuk konsultasi cara menyusun sistem penggajian dan tunjangan / compensation and benefit / sistem com-ben / kompensasi dan manfaat yang tepat bagi perusahaan Anda. Tentunya kami akan dengan senang hati membantu Anda.

Salam sukses.
SIEN Consultants : 0811 8403 909
Email : sienventy@gmail.com

Jasa Konsultan Sistem HR Management / HRIS – HCIS dan Human Capital Information System Consultant



Human Capital Information System (HCMS) atau yang disebut juga dengan Sistem Informasi Sumber Daya Manusia (SISDM), merupakan suatu aplikasi yang terintegrasi dalam mendukung implementasi Human Capital Management System (HCMS) / Human Resources Management System (HR Management System) dengan konsep database terpusat menggunakan teknologi dan web-based.

Sistem HR Management ini juga sering disebut dengan istilah Human Resource Information System (HRIS). Namun dalam implementasinya HCIS lebih dari sekedar personal administration seperti yang terdapat dalam HRIS (Human Resources Information System). HCIS berfokus pada sistem pengelolaan kinerja karyawan.

Dengan HCIS dan HRIS, fungsi HRD dapat bekerja lebih cepat, membuat keputusan lebih akurat terkait dengan SDM dan lebih fokus pada pengelolaan dan pengembangan SDM. Fungsi HRD tidak lagi banyak menghabiskan waktunya dengan tugas – tugas rutin yang bersifat administratif dan kembali kepada fungsinya yang sesungguhnya sebagai fungsi strategis dalam perusahaan yang fokus mengelola dan mengembangkan SDM perusahaan untuk meningkatkan produktivitas perusahaan tersebut.

HCIS dan HRIS juga memungkinkan karyawan perusahaan untuk bertukar informasi dengan lebih mudah dan dengan sistem HR ini, mengurangi penggunaan kertas melalui penyediaan informasi yang terpusat dan mudah untuk diakses dimanapun mereka berada. Lingkup informasi yang dapat diakses oleh karyawan tergantung dari kebijakan perusahaan itu sendiri. Adapun informasi yang biasanya dapat diakses oleh karyawan tersebut melingkupi data diri, data cuti, kehadiran, lembur, pengajuan training, data prestasi kerja dan kondite. Fitur-fitur ini ada didalam HRIS.

Untuk fitur-fitur HCIS dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Beberapa fitur populer yang terdapat dalam HCIS yakni :
          Struktur organisasi
          Job description
          Database karyawan
          Proses perekrutan
          Employee self services
          Talent management
          Training and development
          Payroll adminstration (administrasi penggajian)
          Reward dan punishment
          Performance management
          Career planning
          Perencanaan suksesi
          dll

Penting untuk memilih HCIS dan HRIS yang tepat. Mutu dari suatu sistem HCIS dan HRIS dilihat dari desainnya yang fleksibel yang menampilkan database terintegrasi dengan berbagai fitur pilihan dan relevan sepanjang hidup perusahaan. Idealnya, aplikasi HCIS mampu membuat laporan dan menganalisa informasi dengan cepat dan akurat. Perusahaan yang mau berinvestasi menerapkan HCIS sesuai dengan tujuan, visi, misi dan nilai perusahaan adalah perusahaan yang berinvestasi untuk masa depan dan mencapai keberhasilannya.

Sudahkah perusahaan Anda memiliki HCIS dan HRIS?
Hubungi kami Jasa Konsultan Sistem HR Management / HRIS – HCIS dan Human Capital Management System Consultant, untuk informasi lebih lanjut
Telp : 0811 8403 909
Email : sienventy@gmail.com

Jasa Konsultan SOP - Menyusun Sistem Prosedur Kerja (Sisdur) dan Instruksi Kerja Perusahaan


Keberadaan SOP saat ini penting namun sering kali tidak dilihat, berguna namun sering kali tidak dipakai. Hal ini terjadi karena prosedur kerja yang ada bertele-tele, bahasanya sulit untuk dimengerti, model SOP yang tidak familiar, SOP yang tidak efektif, atau SOP yang cenderung dianggap sebagai tambahan beban pekerjaan dan juga ada faktor sulit untuk merubah kebiasaan kerja yang sudah dilakukan selama bertahun tahun dan masih banyak hal lainnya.

SIEN Consultants sebagai penyedia jasa konsultansi SOP sejak tahun 2001, sudah banyak membantu klien dalam memberikan konsultasi menyusun prosedur kerja perusahaan ( SOP ) juga dalam memberikan training / pelatihan SOP baik kelas public training – inhouse training maupun private training SOP. Dengan komitmen mengutamakan kepuasan klien dan membantu pertumbuhan perusahaan klien, kami didukung oleh tenaga konsultan yang handal, terdidik, terlatih serta memiliki track record bidang manajemen system (salah satunya SOP) dan business strategic. 

Dalam hal jasa konsultasi SOP, kami selalu mendesain SOP atau instruksi kerja sesuai dengan kondisi di internal perusahaan dan flow proses bisnisnya serta selalu beracuan pada kebijakan perusahaan. Selain hal tersebut, kemampuan konsultan kami dalam menterjemahkan prosedur kerja ( SOP ) dan working instruction ( WI ) yang ada agar dapat diterapkan dan diterima dengan baik oleh seluruh komponen perusahaan dan yang tidak kalah pentingnya adalah bagaimana SOP dapat membantu perusahaan dalam mencapai target bisnisnya.

Pengalaman kami dalam menyusun SOP di berbagai bidang bisnis mulai dari pengembangan SOP dan Instruksi Kerja ( IK ) di perusahaan jasa, SOP manufaktur, SOP trading, SOP pertambangan, SOP kontraktor, SOP perkebunan, SOP perbankan, SOP investasi, SOP industri makanan baik perusahaan berskala kecil maupun perusahaan besar, perusahaan swasta maupun instansi pemerintahan dan BUMN. SOP yang kami kembangkan mulai dari SOP Operasional, SOP HRD, SOP GA, SOP Produksi, SOP Finance, SOP Accounting, SOP Marketing, SOP Purchasing, SOP Administrasi, dan SOP lainnya sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda.

Selain mendesain SOP dan IK, kami juga akan membimbing team internal perusahaan untuk mampu mendesain SOP sendiri sehingga ada kemandirian dari perusahaan untuk melakukan review SOP / update SOP apabila diperlukan dikemudian hari.

Tunggu apalagi, segeralah hubungi kami, jasa konsultan SOP Perusahaan Anda
PT. SIEN Corpora (SIEN Consultants)
Jl. Kyai Caringin No. 20A Cideng - Jakarta Pusat
Telp : 0822 1340 0505
Email : sienventy@gmail.com 

Jasa Riset Pasar Perusahaan / Market Research Consultant

jasa market reseach dari konsultan business strategy


Persaingan bisnis yang semakin ketat dewasa ini, membuat setiap perusahaan yang ingin tetap eksis dan unggul beradu untuk mempertahankan dan menambah pangsa pasarnya. Perusahaan berusaha mengetahui  kebutuhan pelanggannya, kekuatan dan kelemahan pesaing serta lingkungan makro yang mempengaruhi kinerja pemasaran perusahaan.

Perusahaan membutuhkan informasi yang akurat, relevan dan terpercaya untuk mengambil keputusan yang terkait dengan pemasaran dan atau untuk menyusun strategi pemasarannya. Informasi tersebut dapat diperoleh dengan melakukan riset pasar (market research).

Mengapa riset pasar (market research) penting?

Tujuan melakukan riset pasar disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan itu sendiri. Peran riset pasar (market research) minimal akan membantu perusahaan untuk :
  • Mengidentifikasi dan mengevaluasi peluang pasar potensial
  • Menganalisa segmentasi pasar yang ada
  • Memilih target pasar yang akan dibidik
  • Mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan kompetitor
  • Mengidentifikasi perilaku konsumen
  • Merencanakan dan mengimplementasikan marketing mix
  • Menganalisa kinerja pemasaran, apakah target penjualan yang sudah ditentukan sudah tercapai
  • Memberikan informasi apakah ada perubahan yang akan mempengaruhi atau mengganggu penjualan perusahaan

Riset pasar dapat dilakukan oleh fungsi atau bagian pemasaran/marketing yang mengetahui dengan baik teknik melakukan riset pasar. Namun apabila menginginkan hasil yang lebih akurat (dengan tingkat eror yang kecil) dapat menggunakan jasa riset pasar (market research consultant).

SIEN Consultants merupakan jasa konsultan riset pasar yang sudah berpengalaman dalam berbagai bidang usaha baik untuk perusahaan besar maupun perusahaan kecil, SIEN Consultants siap membantu. Hubungi segera, kami akan dengan senang hati membantu Anda untuk menyediakan data yang akurat, relevan, terpercaya, obyektif dan tepat waktu untuk kemajuan perusahaan Anda. Salam sukses

SIEN Consultants
Telp : 0822 1340 0505
Email : sienventy@gmail.com
Cideng – Jakarta Pusat