Recent Posts

Pentingnya Manajemen Risiko / Risk Management – Risk Asessment



Setiap kegiatan organisasi atau perusahaan, apapun jenis usahanya baik perusahaan kecil maupun besar pasti menghadapi risiko, misalkan mengelola suatu proyek, melakukan transaksi dengan pelanggan, membeli suatu barang, dan lain – lain. 

Risiko dikaitkan dengan kemungkinan kejadian atau keadaan yang dapat mengancam pencapaian sasaran perusahaan baik sasaran strategis, operasional, financial, pembentukan citra organisasi, atau pun segala hal yang ingin dicapai organisasi tersebut. Sehingga ketidaktahuan terhadap risiko sangatlah mahal harganya.

Risk management atau manajemen risiko merupakan upaya ter-koordinasi untuk mengarahkan dan mengendalikan kegiatan - kegiatan organisasi terkait dengan risiko. Dalam manajemen risiko tercakup bagaimana untuk mencapai keseimbangan yang tepat antara keberhasilan yang akan dicapai dengan kerugian se-minimal mungkin. 

Perusahaan yang mengelola risiko secara efektif dan efisien akan lebih mungkin berani melaju lebih kencang untuk mencapai tujuan mereka dan mencapainya dengan biaya yang lebih rendah.

Kesadaran akan pentingnya mengelola risiko, berbagai organisasi internasional menyusun berbagai standar sistem manajemen dalam mengelola risiko. Adapun beberapa standar tersebut yakni Australian/New Zealand Standard Risk management AS/NZS 4360, ISO 31000 - Risk Management, dll.

Pelaksanaan proses manajemen risiko dalam suatu perusahaan merupakan proses yang sistematis, terstruktur, logis dan terdokumentasi, yakni melingkupi kegiatan :
  • Melaksanakan komunikasi dan konsultasi sepanjang proses penanganan risiko
  • Menentukan ruang lingkup kegiatan
  • Melakukan identifikasi risiko / risk asessment, analisis risiko, evaluasi resiko, dan perlakuan terhadap risiko (meminimalkan atau menghilangkan) yang terkait dengan kegiatan, proses, fungsi, proyek, atau jasa organisasi tersebut
  • Memantau dan meninjau kembali risiko – risiko yang diidentifikasi
  • Melaksanakan dokumentasi dan pelaporan pelaksanaan proses serta hasilnya

Manfaat dari penerapan manajemen risiko dalam suatu perusahaan yakni :
  • Meningkatkan efektifitas dan efisiensi manajemen
  • Memberikan jaminan yang wajar atas pencapaian sasaran perusahaan
  • Meningkatkan reputasi perusahaan 
  • Mengurangi hal - hal yang berakibat pada pencapaian sasaran perusahaan sekaligus langkah antisipasi yang perlu dilakukan telah diidentifikasi sebelumnya
  • Meningkatkan hubungan perusahaan dengan para pemangku kepentingan menjadi semakin baik.
Bagaimana cara menerapkan risk management / manajemen risiko yang tepat guna bagi perusahaan Anda?

Silahkan hubungi kami, Jasa Konsultan Manajemen Bisnis – Manajemen Risiko / Risk management – Risk Asessment terbaik untuk perusahaan Anda
Telp : 0822 1340 0505
Email : sienventy@gmail.com


(disadur dari buku : Manajemen Risiko berbasis ISO 31000 karya Leo J. Susilo dan Victor Riwu Kaho)

0 komentar :

Posting Komentar